PELAKU USAHA DIMINTA BERPARTISIPASI DALAM PENANGANAN MASALAH SOSIAL

Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ataupun masalah kemiskinan, perlu kolaborasi antara Pemerintah dengan masyarakat   baik perseorangan, keluarga, organisasi keagamaan, organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, badan usaha, lembaga kesejahteraan sosial, maupun lembaga kesejahteraan sosial asing . Untuk itu Dinas Sosial Kota Palangka Raya menggelar pertemuan dengan pengelola/pemilik dunia usaha, LKS, Karang Taruna, PSM  bertempat di Kecamatan Pahandut pada tanggal 26 Nopember 2018 yang bertujuan mengingatkan kembali pelaku usaha tentang kewajiban dan tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan sekitar. Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dan Bappeda Kota Palangka Raya. Dalam pertemuan  tersebut disampaikan bahwa permasalahan sosial yang berkembang dewasa ini semakin bertambah kompleks, dan  masih ada warga yang belum terpenuhi hak atas kebutuhan dasarnya secara layak karena belum memperoleh pelayanan sosial karena keterbatasan anggaran Pemerintah Kota Palangka Raya dalam pemenuhan hak hak dasar warga dimaksud.

Undang Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal mewajibkan perusahaan untuk mengeluarkan dana tanggung jawab sosial perusahaan, sehingga pihak swasta dapat berperan dalam mengatasi permasalahan sosial seperti kemiskinan dan pengangguran melalui kebijakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility. 

Dalam pertemuan tersebut disepakati  akan dibentuk Forum komunikasi CSR sesegera mungkin difasilitasi oleh Bappeda Kota Palangka Raya yang berfungsi untuk menjembatani  pelaku dunia usaha berpartisipasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Hal tersebut juga bertujuan agar kontribusinya lebih terkontrol, terpadu, tepat sasaran dan berkelanjutan. Dinas Sosial Kota Palangka Raya nantinya akan berperan dalam pembinaan forum serta penyedia data PMKS. 

Semoga bisa cepat terwujud demi kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya

Tinggalkan Balasan