KLIEN LUMPUH DAN TERLANTAR SEMENTARA MENGHUNI RUMAH SINGGAH

Sakit, lumpuh, tidak bisa berkomunikasi dan terlantar… sungguh malang nasib klien satu ini.  Beberapa waktu yang lalu klien ini ditemukan warga di sebuah bilik kayu di jalan Tjilik Riwut km. 7 Palangka Raya dalam keadaan sakit dan lumpuh total tanpa ada yang mengenalnya. Tidak pula ditemukan identitas disekitar tempatnya. Saat itu  klien dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan maksimal. Dan siang tadi (29/3/2019), pihak rumah sakit menginformasikan ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya untuk melakukan penjemputan karena pasien sudah dibolehkan pulang.

Sesuai prosedur  akhirnya Dinas Sosial Kota Palangka Raya melakukan penjemputan klien dan menempatkannya sementara  di Rumah Singgah Jalan Poncowati. Kendala pun kembali terulang, rumah singgah yang selama ini disiapkan di Jalan Poncowati memang belum memenuhi syarat, terutama untuk petugas perawatan bagi yang terlantar sakit. Apalagi kali ini klien  lumpuh total, semua aktivitasnya harus dilayani.  Karena kliennya wanita, walhasil mulai besok petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang wanita akan dijadwal bergantian untuk menjaga klien.

“Semakin berkembang penduduk maka semakin kompleks pula permasalahan sosial yang muncul, untuk itu sudah seharusnya Pemerintah Kota Palangka Raya menyediakan rumah singgah beserta sarana prasarana dan biaya operasional yang memadai, karena Dinas Sosial tidak mungkin membiarkan keterlantaran seperti yang seringkali terjadi selama ini” ungkap H. Akhmad Fauliansyah, SH Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya. ” Pemerintah Kota Palangka Raya maupun lembaga swasta belum ada yang memiliki panti untuk orang terlantar, untuk panti lansia pun tidak memungkinkan karena harus memenuhi kriteria sudah berusia 60 tahun keatas dan mampu melakukan aktivitas pribadinya secara mandiri” tambahnya lagi. 

Untuk solusi permasalahan ini Dinas Sosial Kota Palangka Raya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Kelurahan untuk mencari informasi keberadaan keluarga klien, serta akan menghubungi Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya untuk petugas perawat selama berada di Rumah Singgah.

Barangkali ada yang mengenal ibu tersebut dapat menghubungi Dinas Sosial Kota Palangka Raya di Jalan G. Obos Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya atau melalui nomor telepon 0536-4260576

Tetap sabar dan ikhlas Bapak Ibu… teruslah menebar kebaikan.. semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan… 

 

Tinggalkan Balasan