EKS. PASIEN RSJ KALAWA ATEI DIANTAR KE KELUARGANYA

Setelah  beberapa waktu yang lalu mendapatkan perawatan rawat inap di RSJ Kalawa atei, klien gangguan kejiwaan yang ditemukan Dinsos  dinyatakan sembuh oleh pihak RSJ Kalawa Atei dan minta dilakukan penjemputan oleh Dinsos. Sabtu (6/4/2019) petugas Dinsos menemui klien di RSJ Kalawa Atei untuk memperoleh informasi tentang nama dan asalnya, karena kedua klien ini sebelumnya memang tidak mempunyai identitas dan tidak diketahui darimana asal dan keluarganya. 

“Alhamdulillah, setelah sembuh keduanya  ingat nama dan rumahnya sehingga memudahkan kami untuk mengembalikan kepada keluarganya, saat ini mereka telah kami antar dan sudah berkumpul kembali dengan keluarganya pada salah satu Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau” kata H. Marwoto, SH Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas saat ditemui. Berdasarkan keterangan pihak RJS Kalawa Atei, salah satu  klien terganggu sarafnya akibat mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan hal  tersebut dibenarkan klien  karena menurutnya dia berasal dari  Kabupaten Pulang Pisau saat itu diajak temannya jalan-jalan ke Palangka Raya. Ternyata sesampainya di Palangka Raya oleh temannya diajak minum-minuman keras dicampur obat terlarang. Sedangkan  yang satunya memang menderita depresi sejak lama karena suatu masalah.

Kedua klien tersebut sebelumnya dilaporkan warga karena dianggap meresahkan. Klien pertama ditemukan di Taman Pasuk Kameloh (17/2/2019),  dan  yang satunya ditemukan di Jalan Rajawali Km. 6 Jum’at (5/4/2019 )sempat tidur dan tinggal di sebuah cafe serta mengamuk saat diminta pindah.

Tidak mudah memang, berhadapan dengan bermacam persoalan sosial di masyarakat,   membutuhkan kesabaran dan jiwa sosial yang tinggi, kadang dalam proses pelayanan memerlukan waktu yang lama serta koordinasi banyak pihak terkait.  Tetaplah semangat dalam menebar kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain…

Tinggalkan Balasan