BIMBINGAN MOTIVASI DALAM BERUSAHA HIDROPONIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2020

Dinas Sosial Kota Palangka Raya merupakan salah satu leading sektor penyelenggara pembangunan kesejahteraan sosial yang berupaya untuk menjalankan amanat undang– Undang Kesejahteraan Sosial dan Undang – Undang Penyandang Disabilitas melalui program dan kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.

Penyandang disabilitas merupakan salah satu jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial. Dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 dijelaskan bahwa Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungandapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Disabilitas  menjadi isu yang sangat menarik. Faktanya, masih banyak ketidakadilan dan diskriminasi yang ada di masyarakat mengenai stigma pada disabilitas.  Keberadaan disabilitas di Indonesia saat ini sebagai objek sosial masih minim memposisikan disabilitas sebagai subjek. Hak-hak penyandang disabilitas belum sepenuhnya terpenuhi. Padahal, hak-hak penyandang disabilitas sudah jelas diamanatkan di Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 5.

Dinas Sosial Kota Palangka Raya telah melakukan upaya pelayanan terbaik kepada penyandang disabilitas yakni menyelenggarakan Bimbingan Motivasi dan Spiritual; Bimbingan Keterampilan dan Pemberdayaan SDM penyandang disabilitas, Kegiatan Outbond serta Pembinaan kepada keluarga penyandang disabilitas.

Pada 10 November 2020, Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Bidang Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas telah menyelenggarakan Kegiatan Outdoor dalam rangka Bimbingan Motivasi bagi Penyandang Disabilitas Daksa di Kota Palangka Raya Tahun 2020. Sebanyak 10 (sepuluh) orang penyandang disabilitas fisik/ daksa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.Kegiatan dilaksanakan di Jl. Antang Kalang II di tempat Usaha Hidroponik (Rara Hidroponik) agar peserta kegiatan melihat secara langsung tata cara budidaya tanaman secara hidroponik. Bimbingan motivasi dalam berusaha juga diisi oleh Ibu Tri Wanita (Pemilik Usaha Rara Hidroponik

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi penyandang disabilitas yang memiliki berbagai hambatan dalam melaksanakan fungsi sosialnya. Penyandang disabilitas masih dipandang sebelah mata karena keterbatasan aktivitas dan kemampuan fisiknya yang menyebabkan sulitnya melakukan peran dan fungsi setara dengan masyarakat lainnya di dalam segala aspek kehidupan. Keterbatasan yang dialami penyandang disabilitas membuat diri meraka merasa “minder”, kurang percaya diri, serta kurangnya motivasi untuk maju dan lebih baik. Hal tersebut membuat penyandang disabilitas sulit mencapai kemandirian dan berada dalam ekonomi yang terbatas.

Pemberian bimbingan motivasi dalam berusaha kepada penyandang disabilitas di Kota Palangka Raya melalui tata cara berhidroponik mandiri di rumah agar dapat meningkatkan kemampuan diri penyandang disabilitas untuk dapat menciptakan usaha serta pemberian paket berhidroponik bagi pemula kepada masing-masing peserta  agar pengetahuan yang telah diberikan dapat diaplikasikan setelah berakhirnya kegiatan.

Kegiatan juga diisi dengan beberapa permainan/games yang dapat meningkatkan kesehatan mental penyandang disabilitas karena memberikan kesempatan untuk melepas ketegangan dari aktivitas sehari-hari sehingga dapat mengurangi gejala depresi ringan atau sedang, stres dan kecemasan. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pemberian bantuan satu set Alat dan Bahan berhidroponik mandiri sehingga peserta dapat menerapkan pengetahuan yang telah diberikan mengenai hidroponik agar berkelanjutan dan menjadi modal dalam berusaha hidroponik

 

Author : Adindha Khairunnisa

Tinggalkan Balasan