ASAP PEKAT, WARGA RAMAI KUNJUNGI RUMAH SINGGAH SEHATI

Setelah sempat cerah cuaca Kota Palangka Raya karena diguyur hujan beberapa waktu yang lalu, kini kembali diselimuti asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan.  Kabut asap kali ini sudah dapat dikategorikan bencana, karena sudah berdampak pada beberapa aspek kehidupan masyarakat terutama masalah kesehatan. Untuk mengantipasi warga yang terdampak asap, sejak sabtu (14/9/2019) Dinas Sosial sudah menyiagakan rumah singgah oksigen di Jalan Poncowati. Dengan kapasitas tampung 10 orang, rumah oksigen disiapkan bagi warga yang merasa pernafasannya terganggu akibat menghirup asap.

Salah satu pengunjung rumah singgah menuturkan bahwa dia  bersama keluarga merasa sesak nafas karena pengaruh terhirup asap pekat. “Untungnya ada rumah oksigen, kami merasa sulit bernafas sehingga kami sekeluarga mengunjungi rumah singgah untuk mendapatkan pelayanan” ungkap salah satu pengunjung.

“Jika merasa ada yang tidak beres dengan pernafasannya, segera datangi posko oksigen terdekat untuk mendapatkan pelayanan, manfaatkan fasilitas yang telah disediakan, salah satunya seperti rumah singgah ini” himbau  Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah  saat melakukan ke rumah singgah “Sehati” siang tadi (senin,16/9/2019).

“Silahkan bagi warga Kota Palangka Raya yang memerlukan layanan oksigen gratis bisa mampir di Rumah Singgah “Sehati” Dinas Sosial Kota Palangka Raya Jalan Poncowati” ujar H. Akhmad Fauliansyah, SH, “Saat ini kami juga mendirikan tenda  darurat lengkap dengan velbed di Bundaran Besar untuk membantu penyiapan rumah oksigen, sementara peralatan dan tenaga medisnya akan disediakan oleh Dinas Kesehatan” tambahnya pula. Menurutnya Dinas Sosial telah menyiagakan rumah singgah oksigen sejak pertengahan Agustus lalu, dan hingga pagi tadi (16/9/2019), sudah sekitar 41 warga yang mendatangi rumah singgah”Sehati” untuk mendapatkan pelayanan oksigen, yang terdiri dari 31 orang dewasa dan 10 orang anak-anak.

 

Tinggalkan Balasan