BAHAS SAIDAH, DINSOS DORONG KETERLIBATAN PIHAK LAIN

Setelah ibunya kembali harus mengikuti proses hukum atas kasus yang dihadapi, kini Saidah yang memiliki keterbatasan fisik dititipkan ke Komunitas Solidaritas Perempuan Palangka Raya. Sementara itu solusi penanganan terbaik  terhadap klien Saidah masih terus dilakukan koordinasi dan berproses. Karena permasalahan ini terkait dengan  banyak pihak, Dinas Sosial Kota Palangka Raya berinisiatif mengundang pihak tersebut untuk membahas penanganan lanjutan pada Rabu (16/9/2020). Bertempat di ruang Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya hadir perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palangka Raya, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Lurah Menteng, dan Komunitas Solidaritas Perempuan.

Membuka pertemuan,  Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya Nyta Bianyta Rezza, S.Sos menyatakan mengapresiasi dan merasa sangat terbantu dengan kehadiran Komunitas Solidaritas Perempuan yang sudah bersedia merawat Saidah untuk sementara waktu. “Kami ingin perwakilan yang hadir dapat berkontribusi, memberi saran dan pertimbangan sesuai dengan kewenangan masing-masing” ungkapnya, lebih lanjut dijelaskannya bahwa berdasarkan berdasarkan Permensos Nomor 16 Tahun 2019  wewenang Dinas Sosial Kota Palangka Raya sudah diatur terbatas pada rehabilitasi sosial dasar di luar panti dalam bentuk pendampingan PPKS termasuk penyandang disabilitas terlantar di dalam keluarga atau masyarakat.

“Pihak Kejaksaan menghubungi kami, mereka (pihak kejaksaan) tidak memiliki tempat dan orang yang bersedia menjaga Saidah. Karena kami memiliki kedua hal tersebut, maka kami mengambil alih Saidah” ujar Winda yang merupakan Ketua Solidaritas Perempuan. Namun lebih lanjut dia meminta dukungan materi dan non materi dari berbagai pihak. Dinas Kesehatan bersedia melakukan kunjungan kesehatan, dan Dinas Sosial Kota Palangka Raya akan berkonsultasi dengan Walikota Palangka Raya agar berkenan memberikan dukungan apabila Saidah ditempatkan di Rumah Singgah “Sehati”

Tinggalkan Balasan