BAYI TERLANTAR

Bagi banyak keluarga, anak merupakan anugrah dan rezeki dari Yang Maha Kuasa, namun dalam kejadian kali ini entah apa yang terfikir oleh  orangtuanya sehingga tega membuang bayi yang baru dilahirkan ke semak-semak belukar, diwilayah Kota Palangka Raya. Iba dan sedih pastilah dirasakan setiap orang yang mendengar nasib bayi yang tidak berdaya tersebut, ditemukan warga karena suara tangisannya di semak belukar dan menurut saksi dengan kondisi lecet dan dikerubuti semut pada hari Kamis 9 Agustus 2018. 

Dinas Sosial Kota Palangka Raya kembali merespon kasus masalah sosial penemuan bayi tersebut setelah mendapatkan informasi dari pihak kepolisian dan rumah sakit Dr. Doris Sylvanus. Keterkaitan Dinas Sosial dalam hal ini adalah keterlantarannya. Saat ini kondisi bayi dalam keadaan sehat dalam perawatan pihak Rumah Sakit.

Seandainya saja orangtua bisa berfikir jernih, mereka tidak perlu membuangnya. Karena negara sudah mengatur ketentuan-ketentuan  jika orangtua dengan alasan tertentu tidak bisa mengasuh anaknya.  Anak  bisa diadopsi  orang lain atau diserahkan ke panti asuhan,  sebagaimana menurut Undang-undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, PP No 5  tahun 2007 tentang Pengangkatan Anak, dan Permensos RI No 110 tahun 2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak,  dengan sejumlah persyaratan demi kepentingan kesejahteraan masa depan bayi kelak. Jikalau nantinya tidak ada yang mengadopsi maka statusnya dalam asuhan negara dan pihak Dinas Sosial akan memberikan rujukan pengasuhan ke Panti Asuhan. 

Dalam proses adopsi, Dinas Sosial Kota Palangka Raya akan terlibat sejak awal hingga sampai kepersidangan adopsi. Hingga saat ini sudah terdapat 6 calon orangtua yang mendaftar di Dinas Sosial untuk mengadopsi bayi tersebut.  Calon Orang Tua yang telah memenuhi syarat secara fisik mental dan administrasi akan diseleksi melalui banyak tahapan hingga sampai ke pengadilan.

Informasi terakhir ibu kandung si bayi sudah ditemukan dan juga masih anak-anak (dibawah umur).

Bagi yang berminat mengadopsi bisa menghubungi Dinas Sosial Kota Palangka Raya

Lagi, hal ini menjadi pelajaran bagi kita …. 

2 comments

  1. Mad soreh bu …sya mau asuh anak itu ini nomor hp sya 081256853008

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEBSITE KAMI
      MOHON MAAF BERITA YANG KAMI MUAT TERSEBUT KEJADIAN TAHUN 2018 DAN SUDAH ADA YANG MENGASUHNYA
      SILAHKAN UPDATE TERUS BERITA TERBARU KAMI
      TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan