BIMBINGAN MOTIVASI DAN PELATIHAN KETERAMPILAN BAGI EKS TUNA SOSIAL

Pada Senin (29/07/2019) Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Bidang Rehabilitasi Sosial menyelenggarakan kegiatan bimbingan motivasi dan pelatihan keterampilan bagi eks tuna sosial di Rumah Singgah Sehati Jl. Poncowati, kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta eks tuna sosial yang bermukim di KM 12. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada eks tuna sosial agar tidak kembali bekerja menjadi Wanita Tuna Susila (WTS) dan dapat terampil berusaha demi mendapatkan penghasilan sehari-hari, salah satu nya dengan usaha penjualan kue basah atau kering.

Bimbingan diawali dengan ceramah agama yang disampaikan oleh ustadz Tajuddinoor, isi ceramah tersebut menjelaskan tentang bagaimana proses kehidupan yang harus dilalui untuk mencapai Surga-Nya serta kiat-kiat agar ibadah yang sudah dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan bimbingan sosial yang disampaikan oleh Muthmainah selaku pekerja sosial di Dinas Sosial Kota Palangka Raya, dalam sesi ini semua peserta diajak untuk mengenali diri sendiri dan mengungkapkan harapan-harapan mereka melalui tulisan.

Kegiatan dilengkapi dengan pelatihan memasak yang dipandu langsung oleh Aseana Aprilia, materi yang diberikan adalah cara membuat kue kering, puding coklat dan es kopyor sirsak. Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, ” aku mau maju ah mau nyobain langsung cara masaknya”, ujar beberapa peserta yang maju kedepan setelah diperbolehkan instruktur untuk berpartisipasi langsung dalam proses pembuatan es kopyor sirsak.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan secara simbolis peralatan memasak kue kepada para peserta eks tuna sosial oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan pemberian hadiah dari instruktur memasak bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan terkait bahan mengolah kue yang sudah dipraktekan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan