BIMBINGAN MOTIVASI PSIKOSOSIAL SPIRITUAL DAN PENCEGAHAN RELAPSE BAGI KORBAN NAPZA

Permasalahan penyalahgunaan NAPZA bukan menjadi hal yang tabu lagi di masyarakat, hampir setiap hari kita dapat mendengar berita tentang penangkapan pengedar dan pengguna NAPZA atau mungkin melihat langsung keluarga dan teman kita sendiri menggunakan NAPZA yang dampaknya sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun lingkungan sosial. Seiring dengan perkembangannya, pemerintah telah memberlakukan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang disebutkan bahwa setiap penguna Narkoba yang telah di vonis mengadilan terbukti telah mengedarkan atau memproduksi narkotika, dalam hal ini mereka hanya sebatas pengguna saja, maka mereka berhak mengajukan untuk mendapatkan pelayanan rehabilitasi. 

Pelayanan Rehabilitasi ini sangat membantu pemulihan pengguna NAPZA, tetapi hal ini tidak menjadikan jaminan kepada peserta binaan untuk tidak kembali  menggunakan NAPZA setelah dinyatakan pulih. Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Bidang Rehabilitasi Sosial menyelenggarakan kegiatan bimbingan motivasi psikososial spiritual dan pencegahan relapse bagi korban NAPZA pada tanggal (17/10/2019) di Panti Rehabilitasi Narkoba GALILEA Kota Palangka Raya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan membangun karakter eks pengguna NAPZA agar tidak terjerumus kembali menggunakan narkoba. 

Kegiatan ini diikuti oleh 10 (sepuluh) orang yang merupakan binaan dari Panti Rehabilitasi Narkoba GALILEA, peserta mendapatkan bimbingan spiritual dari Pendeta Yunus Ady Prasatio, S.Th dan dilanjutkan dengan pemberian pengetahuan tentang tanaman hidroponik yang disampaikan oleh Tri Wanita, S.Kom serta pemberian pengetahuan tentang cara pencegahan relapse bagi para binaan yang disampaikan oleh Putri Maisaroh S.Tr. Sos sebagai pekerja sosial. “Salah satu penyebab kekambuhan berasal dari faktor lingkungan sosial seperti ajakan teman sehingga kita harus menghindari pergaulan yang tidak sehat” jelas Putri yang diakui benar oleh  peserta bimbingan.

 

Tinggalkan Balasan