BIMBINGAN PSIKOSOSIAL DAN KOORDINASI LINTAS SEKTOR DALAM PENANGANAN PMKS

Tim Pelayanan Dinas Sosial Kota Palangka Raya  bulan September ini disibukkan dengan beragam klien PMKS yang ditangani berdasarkan laporan masyarakat. 

Ada anak penderita kanker hati  berasal dari keluarga tidak mampu yang memerlukan pendampingan psikososial. Kunjungan psikososial ke rumah Lansia dengan keterbatasan ekonomi  harus merawat cucunya penyandang disabilitas fisik dan mental,  anak-anak tanpa legalitas kependudukan, serta akses menuju rumahnya yang agak terisolir. Juga orang dengan gangguan kejiwaan dari keluarga yang tidak mampu, meresahkan masyarakat sehingga harus dievakuasi ke rumah sakit jiwa. Kemudian anak dengan kelainan kejiwaan yang membahayakan bagi orang-orang disekitarnya.

Dalam kaitannya dengan kepentingan  klien, tim melakukan koordinasi  lintas sektoral  melibatkan pihak kelurahan dan Dukcapil untuk legalitas identitas mereka, BPJS untuk  jaminan kesehatan yang dibayarkan pemerintah,  pihak puskesmas setempat untuk rawat jalan,  kepolisian bagi klien yang meresahkan, serta lembaga kesejahteraan sosial yang peduli dan ikut berpartisipasi dalam penanganan kasus.

Kasus diatas hanya sebagian kecil yang dilaporkan masyarakat, ada kemungkinan banyak kasus yang tidak terakses oleh Dinas Sosial karena keterbatasan petugas. Tentunya jejaring sosial yang lebih banyak dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar sangat diperlukan demi terciptanya kesejahteraan sosial.

 

Tinggalkan Balasan