BIMBINGAN SOSIAL PENERIMA BANTUAN KUBE

20160823_095232Beberapa KUBE yang terbentuk di Kota Palangka Raya akan menerima kucuran dana bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk pengembangan usaha KUBE. Untuk itu Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya menyelenggarakan bimbingan bagi anggota KUBE se Kota Palangka Raya  pada tanggal 23 Agustus 2016 di Palangka Raya.

Tujuan diselenggarakannya bimbingan ini adalah agar anggo20160823_100616ta KUBE memahami tugas kewajiban dan haknya dalam rangka memanfaatkan dana bantuan untuk pengembangan usaha KUBE secara bersama-sama. Anggota KUBE juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana administrasi yang baik dan tertib dalam pengelolaan usaha, sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.20160823_093817

2 comments

  1. yofie khairudy febri

    Syarat mengikuti banpres apa saja ya

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.. mohon maaf atas atas keterlambatan respon kami
      Saat ini yang sedang kami salurkan adalah bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu. Bantuan sosial terdiri dari beberapa program antara lain :
      1.Bantuan modal bagi Kube Fakir Miskin. Kube merupakan kelompok yang terdiri atas 5-10 keluarga tidak mampu bersepakat berusaha berkelompok. untuk mendapatkan bantuan modal usaha harus memenuhi syarat yaitu anggota kube masuk dalam data keluarga tidak mampu DTKS, mempunyai kepengurusan dan usaha yang dijalankan,dan syarat teknis lainnya serta membuat proposal permohonan yang diusulkan oleh Lurah. Kemudian Dinas Sosial akan memverifikasi ke lapangan, jika memenuhi persyaratan akan diusulkan ke Kementerian Sosial
      2. Program Keluarga Harapan adalah bantuan bersyarat yang diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu dan harus memenuhi salah satu komponen ada ibu hamil/menyusui, balita, anak usia sekolah, lansia, penyandang disabilitas, serta bersedia mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan. Keluarga penerima manfaat ditentukan oleh Kementerian Sosial RI berdasarkan data keluarga tidak mampu yang ada dalam DTKS.
      3. Program Bantuan Pangan Non Tunai merupakan perubahan dari bantuan beras miskin yang dialihkan dalam bentuk non tunai dimana peserta mendapatkan kartu ATM yang bantuannya ditransfer ke rekening masing-masing dengan syarat bantuan hanya bisa digunakan untuk membeli beras, telur pada tempat tempat yang telah ditentukan. Penerima BPNT adalah keluarga dengan tingkat kesejahteraan terendah dalam DTKS, Jumlahnya stiap daerah berbeda-beda tergantung kouta yang diberikan oleh Kementerian Sosial.
      4.Bantuan sosial tunai (BST) diberikan kepada keluarga tidak mampu pada saat pandemi covid 19 ini, dengan syarat terdaftar dalam DTKS
      5. Bantuan sosial yang diterima tidak boleh ganda dalam satu keluarga
      Sedangkan Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah kumpulan data keluarga tidak mampu berdasarkan usulan dari kelurahan dan telah diverifikasi.
      Demikian yang dapat kami jelaskan, terima kasih

Tinggalkan Balasan