BIMTEK BAGI PENGURUS KUBE CALON PENERIMA MANFAAT

Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kota Palangka Raya kemaren 26 Juli 2018 menyelenggarakan bimbingan teknis bagi 50 KUBE calon penerima bantuan UEP.  Bimbingan teknis bagi pengurus KUBE ini dihadiri oleh Ketua dan Bendahara masing-masing kelompok bertempat di Aula Panti Sosial Bina Remaja Majar Tabela Jl Rajawali no. 10 Palangka Raya.

Pada tahun ini Kota Palangka Raya telah mengusulkan 50 KUBE yang beranggotakan masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan bantuan modal usaha bersama melalui kelompok . Usulan tersebut telah disetujui oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dan rencananya akan segera disalurkan melalui rekening masing-masing kelompok senilai 20 juta rupiah per kelompok. Namun sebelum dana tersebut disalurkan, pengurus dibekali dulu tentang cara mengelola bantuan agar bisa berkembang dan tatacara pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan kelompok yang baik dan benar menurut ketentuan yang berlaku.

Melalui sambutannya Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya H. Akhmad Fauliansyah, SH  mengatakan bahwa KUBE yang diusulkan beranggotakan masyarakat yang masuk dalam daftar Basis Data Terpadu Kementerian Sosial Repbuklik Indonesia. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah  memberdayakan masyarakat  tidak mampu secara berkelompok  dalam program Penanganan Fakir Miskin agar mereka lebih percaya diri dalam berusaha mandiri untuk mencapai kesejahteraan keluarganya. Lebih lanjut beliau juga mengharapkan agar kelompok nantinya bisa memanfaatkan  bantuan secara maksimal dan amanah untuk kemajuan dan kesejahteraan anggota serta bisa dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku.

KUBE yang mendapatkan bantuan modal usaha ini bebas memilih usaha yang akan dijalankan sesuai kesepakatan bersama anggota kelompok, ada yang berusaha di sektor perikanan, peternakan, pertanian, perdagangan dan jasa.

Hadir sebagai  Narasumber  kegiatan Bimtek ini, yaitu ibu Dra. RR Etty Rachmiaty, M.Si, Kasubdit Bantuan Stimulant dan Penataan Lingkungan, Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan, Kementerian Sosial Republik Indonesia. Beliau mengatakan, kube produksi Kota Palangka Raya Tahun 2018 diharapkan dapat berkembang usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok kube.

 

 

Tinggalkan Balasan