BIMTEK PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (PSM)

Mengingat pentingnya peran dan fungsi pekerja sosial masyarakat (PSM) sebagai mitra kerja Pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, beberapa waktu yang lalu Dinas Sosial Kota Palangka Raya telah melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan untuk menjaring relawan sosial yang memiliki tanggung jawab serta kepedulian sosial dan komitmen pengabdian di bidang sosial kemasyarakatan di lingkungannya

Tindak lanjut dari hasil koordinasi tersebut sebanyak 40 orang dari seluruh kelurahan di Kota Palangka Raya yang diikutksertakan dalam bimbingan teknis sebagai PSM pada tanggal 19 Juli 2018 di ruang Aula Bappeda Kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang bertujuan melatih relawan sosial menjadi PSM yang atas dasar tanggung jawab sosial didorong rasa kebersamaan dan kesetiakawanan  mau mengabdi secara sukarela turut berpartisipasi menangani permasalahan sosial bersama masyarakat di lingkungan mereka.

Peserta bimbingan teknis diberikan pengetahuan tentang PMKS, pemahaman dan keterampilan teknis dalam menangani masalah kesejahteraan sosial, bagaimana membangun jejaring dan menjalin kemitraan dengan pihak lain untuk penanganan masalah, juga motivasi untuk lebih peduli dan peka terhadap masalah sosial di lingkungannya.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya H. Akhmad Fauliansyah, SH sangat mengharapkan peserta nantinya bisa menjadi mitra Dinas Sosial dan menunggu actionnya dalam menangani permasalahan sosial.

Kegiatan juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajarannya dan Seluruh Bidang Pemberdayaan Sosial Kota Palangka Raya. Narasumber bimtek berasal dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Bappeda Kota Palangka Raya, dan PSM Berprestasi Kota Palangka Raya.

 

Tinggalkan Balasan