DIJEMPUT SETDA KABUPATEN OKU, PENYANDANG DISABILITAS MENTAL TERNYATA MASIH BERSTATUS PNS

Rombongan Pemerintah Kab OKU disambut Setda Kota Palangka Raya di Bandara Tjilik Riwut

Masa pandemi virus covid-19 masih membuat pemerintah bekerja keras dalam melakukan penanganan dalam bidang kesehatan, bidang ekonomi maupun sosial. namun, ditengah kesibukan tersebut masih ada kabar gembira dari PM Dinas sosial Kota Palangka Raya. Pada selasa (09/07/20), rombongan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan tiba di Kota Cantik untuk menjemput seorang Penyandang Disabilitas Mental yang masih berstatus PNS aktif .

Sebelumnya, Pada Rabu (16/10/19), Petugas Dinas Sosial mendapatkan laporan dari masyarakat melalui Babhinkantibmas mengenai keberadaan Penyandang Disabilitas Mental Inisal Y (48 th ) di Jl. Beliang VI. Berdasarkan hasil asessmen, terungkap bahwa Y mempunyai riwayat skizofrenia dan bukan penduduk asli Kota Palangka Raya serta masih berstatus PNS di Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya pada (23/10/19) Petugas Dinas Sosial berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Babinkantibmas dan Puskesmas Bukit Hindu untuk merujuk Y ke RSJ Kalawa Atei. 

 

 

Pekerja Sosial dan PM berfoto bersama di bandara sebelum keberangkatan

Proses perawatan dilakukan di RSJ Kalawa Atei dan dilanjutkan di BRSPDM “Budi Luhur”, karena masa pandemi maka percepatan pemulangan PM dilakukan oleh pihak BRSPDM “Budi Luhur”. Petugas Dinas Sosial Kota melakukan koordinasi dengan orang tua Y dan paguyuban Ikatan Keluarga Sriwijaya (IKS) untuk memulangkan Y kembali ke tanah kelahirannya karena kondisi kesehatan Y sudah membaik, ” ibu Y udah gak ngalamin kekambuhan lagi, tidur sudah nyenyak” jelas Adhinda selaku Pekerja Sosial yang menangani Y.

Pada Jum’at (10/07/20), Y berangkat melalui jalur udara dengan didampingi beberapa pejabat dari Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu termasuk Sekretaris Daerahnya H. Achmad Tarmizi, ” pesan dari Bupati, ibu Y tidak diberhentikan sebagai PNS tetapi harus diobati sampai sembuh”. Ujar H. Achmad Tarmizi yang dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu pada 2017 lalu.

 

Tinggalkan Balasan