DINSOS KOTA PALANGKA RAYA DINILAI BERHASIL MEMBINA KUBE

Upaya pendampingan dan pembinaan yang telah dilakukan Dinas Sosial Kota Palangka Raya terhadap KUBE FM selama beberapa tahun terakhir ini dinyatakan berhasil dalam membina KUBE kategori berkembang dengan baik. Hal tersebut diungkapkan oleh Tim Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam Forum Discussion Group (FGD) yang dihadiri oleh  beberapa OPD  Pemerintah Kota Palangka Raya  yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Camat, Lurah, TKSK, Pendamping Kube dan Pengurus Kube.

Bertempat di ruang pertemuan Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Selasa (17/9/2019) Tim memaparkan bahwa Kota Palangka Raya selama beberapa tahun terakhir cukup banyak mendapatkan kucuran bantuan modal usaha KUBE, pada tahun 2018 sebanyak 50 KUBE mendapatkan bantuan modal usaha, ditambah lagi dengan tahun 2019 ini sedang dalam proses pencairan bantuan sebanyak 30 KUBE bentukan baru. Tentunya tidak hanya sekedar pemberian bantuan saja,  mereka juga diberikan pendampingan dari segi administrasi maupun pengelolaannya. Dalam hal ini Dinas Sosial Kota Palangka Raya memegang kendali pengawasan  dan pembinaan KUBE,  karena hal tersebut, Kota Palangka Raya terpilih sebagai lokasi uji petik penilaian  dalam pembinaan KUBE kategori Berkembang dengan baik. “Uji petik penilaian ini merupakan salah satu evaluasi  untuk melihat sejauh mana kemampuan dan efektivitas Dinas Sosial melakukan pembinaan terhadap KUBE yang telah diberikan bantuan” ungkap Tri Gutomo.

Selanjutnya H. Akhmad Fauliansyah, SH selaku Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya menyatakan bahwa dibentuknya Kube  bertujuan meningkatkan kesejahteraan sosial kelompok miskin dengan peningkatan pendapatan keluarga hingga mereka dapat keluar dari belenggu kemiskinan. “Keberhasilan pembinaan ini tidak lepas dari komitmen  semua pihak, juga hendaknya dibarengi dengan keberhasilan kube yang pada akhirnya akan melahirkan kemandirian dapat menolong dirinya sendiri dan menjadi keluarga yang sejahtera” tambahnya menutup Forum Discussion Group (FGD).

Beberapa hari sebelumnya tim telah melakukan penelitian dan penilaian terhadap 6 KUBE  yaitu Kube Bereng Bengkel Jaya  (2018) Kelurahan Bereng Bengkel UEP Pembesaran Ikan Baung,  Bereng Bengkel Sejahtera (2018) Kelurahan Bereng Bengkel UEP Pembesaran Sapi, Kube Kalampangan 2 (2016) Kelurahan Kalampangan UEP Pembesaran ternak Kambing, Kube Hapakat Atei (2018) Kelurahan Marang UEP Budidaya Ikan Baung, Kube Karya Usaha 2 (2018) Kelurahan Marang UEP Budidaya Ikan Lele, dan Kube Padat Karya (2017) Kelurahan Tangkiling UEP Pembesaran Ternak Babi.

Tinggalkan Balasan