DINSOS LAKUKAN PENGAWASAN GEPENG

Dinas Sosial Kota Palangka Raya terus mengupayakan agar Kota Palangka Raya bersih dari pengemis. Keberadaan pengemis yang berkeliaran di sudut sudut jalan utama Kota Palangka Raya sangat mengganggu pemandangan dan meresahkan masyarakat.  Dalam prosedur penanganan gepeng dan tuna sosial lainnya sebelum dilakukan penertiban, secara berkala Dinas Sosial melalui Bidang Rehabilitasi Sosial adalah melakukan pengawasan dan penyuluhan terhadap gepeng gepeng yang ditemukan. Sedangkan kegiatan penertiban biasanya dilakukan bersama tim yan terdiri dari beberapa instansi.

Dan hari ini petugas kembali  melakukan pengawasan di sekitar Jalan Rajawali, Jembatan Kahayan dan Jalan Tjilik Riwut.  Beberapa gepeng yang beroperasi diberikan arahan agar mencari pekerjaan selain mengemis karena dilihat dari fisik masih sehat dan kuat. Mereka juga di beri teguran agar tidak mengulanginya lagi, jika pada saat penertiban ditemukan masih beroperasi maka akan diberi tindakan berupa pembinaan.

Hingga saat ini kendala yang dihadapi Dinas Sosial Kota Palangka Raya dalam penanganan Gepeng maupun Tuna Sosial lainnya adalah belum tersedianya fasilitas Rumah Singgah yang memadai. Rencananya tahun ini Loka Bina Karya yang berada di Jalan Poncowati akan difungsigandakan sekaligus menjadi rumah singgah.

Bagi masyarakat dihimbau jika menemukan gepeng yang berkeliaran atau yang meminta ke rumah-rumah agar  melaporkan ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya, serta tidak memberikan sumbangan. 

 

Tinggalkan Balasan