DINSOS PANTAU PROSES PENGUMPULAN UANG DAN BARANG UNTUK KORBAN BANJIR

Palangka Raya, Awal tahun 2021 merupakan awal tahun terberat yang harus dilewati para korban banjir di wilayah Kalimantan Selatan. Sampai saat ini, masih ada beberapa wilayah yang terendam air akibat intensitas curah hujan yang masih tinggi. Peristiwa ini menyita perhatian masyarakat di seluruh Indonesia, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. selain itu,  banyak juga para relawan dari kalangan masyarakat, komunitas dan organisasi sosial yang menyalurkan bantuan ke wilayah yang terdampak banjir dan tidak terkecuali para relawan di wilayah Kota Palangka Raya, hal tersebut diketahui dari banyaknya pengajuan permohonan rekomendasi izin pengumpulan uang dan barang untuk korban banjir Kalimantan Selatan yang masuk ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya. “Sampai hari ini, masih ada surat permohonan rekomendasi izin pengumpulan uang dan barang untuk korban banjir Kal-Sel yang masuk ke bidang kami untuk di proses, rata-rata  dari kalangan mahasiswa maupun komunitas-komunitas yang ada di Kota Palangka Raya“ ujar Nesiwati selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial. Dalam kegiatan ini, Nesiwati juga menghimbau kepada organisasi sosial atau kelompok sosial yang ingin mengumpulkan uang dan barang agar dapat terlebih dahulu mengurus perizinan melalui Dinas Sosial dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, “Semua organisasi sosial atau kelompok sosial, saya himbau untuk melakukan pengurusan perizinan ke Dinas Sosial serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu sebelum turun ke jalan “. Ungkap Nesi kembali.

Terkait dengan pemberian surat rekomendasi Izin pengumpulan uang dan barang, Dinas Sosial melakukan pemantauan terhadap proses pengumpulan uang dan barang tersebut di lapangan, hal ini bertujuan agar surat rekomendasi yang diberikan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pada Selasa (02/02/2021), Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Sosial serta Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial melakukan pemantauan kebeberapa titik tempat pengumpulan uang dan barang tersebut, “kami melakukan pemantauan siang tadi dengan menyisir jalan yang memang menjadi tempat komunitas mengumpulkan sumbangan salah satunya di simpang empat lampu lalu lintas Jalan Diponegoro depan rumah sakit tentara” jelas Taronggal yaitu Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan yang ditemui setelah kegiatan usai.

Berlangsungnya kegiatan pemantauan, diikuti juga dengan kegiatan penyerahan hasil pengumpulan uang dan barang dari organisasi sosial atau kelompok sosial yaitu berupa sembako dan pakaian layak pakai. “Kegiatan pemantauan ini dibarengi dengan penyerahan hasil pengumpulan uang dan barang dari Yayasan Wal Fajri dan Dewan Pengurus Cabang Forsa Kota Palangka Raya kepada Dinas Sosial, yang nantinya akan diserahkan kepada korban banjir bersama bantuan lainnya yang diberikan dari hasil Pengumpulan Uang dan Barang”tambah Taronggal.

Tinggalkan Balasan