DINSOS TANGANI ORANG TERLANTAR

Dalam beberapa hari terakhir Dinas Sosial Kota Palangka Raya terutama bidang Rehabilitasi Sosial disibukkan dengan penanganan 3 orang terlantar yang berasal dari laporan masyarakat. Dua diantaranya ditemukan dalam kondisi sakit dan meninggal dunia.

Yang pertama klien  sudah mendapatkan perawatan di Puskesmas  Tangkiling, kemudian dibawa ke rumah singgah di Jalan Poncowati untuk rawat jalan serta diusahakan untuk dihubungkan dengan keluarganya. Namun belum sempat diketahui keluarganya, malam harinya klien meninggal dunia. 

Dan dalam waktu yang hampir bersamaan kembali  mendapatkan laporan dari warga di jalan Sulawesi bahwa ada oran terlantar dalam keadaan sakit dan dirawat oleh tetangganya, namun karena sakitnya bertambah parah akhirnya menghubungi Dinas Sosial untuk dievakuasi ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang intensif. Setelah beberapa hari  klien ini juga meninggal dunia. Pihak Dinas Sosial Kota Palangka Raya sebelumnya sudah berusaha  menghubungi keluarganya,  tetapi karena merupakan TKI di luar negeri, sehingga tidak bisa datang.

Hari berikutnya Dinas Sosial Kota Palangka Raya mendapat laporan lagi orang terlantar yang pikun di sebuah mesjid daerah komplek Amaco Palangka Raya. Dan sesuai prosedur, petugaspun berusaha mencari dan mengembalikan ke keluarganya.

Semakin pesat perkembangan penduduk, maka semakin kompleks permasalahan sosial yang timbul. Dari kejadian tersebut penting sekali kepedulian dari keluarga dan orang sekitarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan