DUA LANSIA MENDAPATKAN LAYANAN SOSIAL LANJUTAN

Menjadi tua itu sudah pasti, tetapi tidak ada yang berharap menjalani masa tua sendirian dalam ketidakmampuan dan serba kekurangan. Namun apa mau dikata inilah yang terjadi pada dua lansia bapak I (65 tahun) warga Jl. Putri Junjung Buih Kelurahan Langkai dan bapak M (65 tahun) warga Jl Dr Murjani Kelurahan Pahandut sebelum dilaporkan warga ke Dinas Sosial dalam hari yang bersamaan pada Senin (12/10/2020).

Dari hasil home visit dan asessment, petugas mendapatkan informasi yang hampir sama tentang kedua lansia tersebut, hidup sendiri dan dalam keadaan sakit tidak mampu lagi bekerja.  Sehingga petugas pun memfasilitasi pembuatan legalitas identitasnya, fasilitasi pemeriksaan kesehatan dan pengurusan KIS PBI untuk keperluan administrasi layanan lanjutan, serta memberikan edukasi dan penguatan kepada warga sekitar agar lebih peduli terhadap orang-orang disekitarnya.

“Keduanya Bapak I dan M sudah menerima layanan lanjutan berada di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang setelah sebelumnya sempat kami tempatkan di rumah singgah” ungkap Nyta Bianyta Rezza Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya. ” Rujukan tinggal di panti adalah pilihan terakhir, karena perawatan dan pengasuhan di keluarga merupakan hal yang terbaik bagi kondisi psikologis lansia” lanjutnya. Ditegaskannya pula bahwa sebetulnya jika ditemukan warga dengan sosial ekonomi rendah bukan hanya merupakan tugas Pemerintah, tetapi  empati, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial dari orang terdekat dan lingkungannya lah yang justru menjadi obat mujarab bagi  kondisi psikologis mereka  karena  merasa berarti dan dihargai keberadaannya.

Tinggalkan Balasan