DUA ORANG TERLANTAR SEMENTARA MENGHUNI RUMAH SINGGAH

Masih ingat orang terlantar yang sakit dari kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Pahandut? setelah pengobatan rawat inap di rumah sakit selesai, mereka dijemput pihak Dinsos dan sementara diinapkan di rumah singgah Jalan Poncowati, sambil proses koordinasi untuk pengasuhan lebih lanjut.

Klien yang dari Kelurahan Bukit Tunggal mau direkomendasikan ke Panti Jompo belum bisa karena berumur 54 tahun, sementara syarat umurnya minimal 60 tahun. Anak-anaknya masih kecil dan belum bisa merawat Bapaknya, sementara keluarga yang tersisa hanya ada di Jawa Barat dan masih ditelusuri keberadaannya.

Klien yang dari Kelurahan Pahandut bisa direkomendasikan ke Panti Jompo milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, tetapi masih menunggu kesiapan pihak panti karena saat ini penghuni sudah penuh, dan sembari diusahakan ruangannya.

Keterbatasan sarana prasarana rumah singgah terutama petugas yang merawat sementara di rumah singgah walhasil menjadi masalah tersendiri bagi Dinas Sosial. Mau tidak mau Pekerja Sosial dan pegawai Dinas Sosial secara bergantian setiap hari harus memandikan, memberi makan minum, dan membersihkan klien yang terbilang tidak mampu untuk melakukan aktivitas pribadinya secara mandiri.

Belajar dari banyaknya kasus masalah sosial akhir-akhir ini, H. Akhmad Fauliansyah, SH selaku Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya mengatakan penyediaan rumah singgah beserta sarana prasarana serta SDM merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena jika pun rumah singgah tersedia tetapi SDMnya tidak tersedia, maka Dinas Sosial akan selalu menghadapi permasalahan seperti yang terjadi saat ini jika berhadapan dengan orang terlantar.  “Kedepan Pemerintah Kota Palangka Raya juga perlu menyediakan Panti yang dikelola sendiri, sehingga tidak akan kesulitan jika penghuni panti-panti swasta maupun Pemerintah Provinsi sudah penuh”, imbuhnya lagi.

Terima kasih teman-teman,… apa yang kalian lakukan saat ini adalah kerja nyata pengabdian kepada masyarakat, semoga Tuhan yang Maha Esa akan memberikan kebahagiaan, kesehatan dan kesuksesan atas tugas mulia kalian. Tetaplah semangat, Tuhan bersama kita.

 

Tinggalkan Balasan