GELAR SOSIALISASI JKN, BPJS BEKALI MITRA DINSOS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Palangka Raya difasilitasi  Dinas Sosial Kota Palangka Raya menyelenggarakan acara pertemuan pemutakhiran data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) Kota Palangka Raya dan Sosialisasi Pemanfaatan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan mengundang stake holder mitra kerja Dinas Sosial seperti Pendamping PKH, TKSK, Pekerja Sosial Masyarakat, dan Fasilitator SLRT pada kamis (17/9/2020) di aula Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Turut hadir pula bidang terkait yaitu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Bidang Perlindungan Jaminan Sosial beserta jajarannya.

Plt Sekretaris Dinas Sosial Kota Palangka Raya Dra. Kory Permata memberikan apresiasi terhadap pihak pelaksana, dengan adanya pemutakhiran data PBI JK hasilnya akan tepat sasaran kepada warga yang tidak mampu dan akan dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Mitra kerja Dinas Sosial yang terjun langsung di lapangan harus dibekali dengan pemahaman tentang program BPJS Kesehatan agar dapat membantu memberikan informasi terkini tentang hak dan manfaat peserta PBI JK dalam menggunakan haknya sebagai peserta JKN” ungkapnya ketika membuka acara tersebut.

Dalam kegiatan ini tim BPJS Kesehatan Kota Palangka Raya mengedukasi peserta tentang pemutakhiran data JKN KIS segmen PBI JK, pemahaman hak dan kewajiban, ruang lingkup kepesertaan, prosedur pelayanan kesehatan. Selanjutnya diadakan sesi tanya jawab dengan narasumber, untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang dialami oleh peserta ketika membantu klien menjangkau layanan JKN PBI. Pada kesempatan tersebut BPJS Kesehatan juga memperkenalkan aplikasi Mobile JKN yang memberikan berbagai macam kemudahan antara lain mengubah data peserta, informasi tentang data peserta dan keluarga,  mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS sehingga semua fitur yg ada dapat diakses dalam genggaman.

Diharapkan melalui kegiatan ini peserta dapat membantu penerima manfaat JKN PBI dalam mengakses layanan baik di di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

2 comments

  1. Terima kasih atas infonya pak admin

Tinggalkan Balasan