HOME VISIT LINTAS SEKTOR KLIEN ODGJ TERLANTAR

Klien kali seorang ibu pensiunan PNS yang mengalami gangguan kejiwaan tinggal seorang diri di rumah dinasnya. Entah apa yang menyebabkan keluarga klien sehingga tega menelantarkannya. Berkat laporan tetangga yang merasa terganggu setiap malam oleh teriakannya, akhirnya bisa segera ditangani oleh instansi terkait.

Dinas Sosial Kota Palangka Raya beberapa tahun sebelumnya sudah pernah menangani si ibu dengan kasus yang sama dengan merujuk untuk penanganan pengobatan ke RSJ Kalawa Atei. Namun karena klien berasal dari keluarga mampu dan masih mempunyai keluarga, sehingga ketika sudah dinyatakan sembuh dan perlu perawatan jalan, pihak RSJ Kawala Atei pun menyerahkan perawatan jalan kepada pihak keluarga.

Berdasarkan hasil asesment dan home visit, kasus ini kembali terulang pada klien karena ketidak pedulian keluarga terhadap rawat jalan klien. Hadir bersama dirumah klien untuk koordinasi lintas sektor yaitu Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Mengingat klien masih memiliki keluarga, maka untuk pengobatan tinggal menunggu komitmen pihak keluarga untuk dirujuk  dan dievakuasi ke RSJ Kalawa Atei, karena dalam hal ini keluargalah mempunyai peran penting dalam proses penyembuhan. Jika keluarga tidak mempunyai komitmen untuk merawatnya, maka pengobatan medis akan sia-sia.

Dalam kasus ini pihak keluarga yang melakukan penelantaran dan pembiaran bisa dikenai hukum pidana. Namun sementara masih melakukan pendekatan secara kekeluargaan.Untuk penyembuhan pasien ODGJ, medis hanya merupakan bagian dari proses penyembuhan… yang utama adalah kasih sayang dari keluarga.

Tinggalkan Balasan