JADWAL PEMBAGIAN KKS PERLUASAN PROGRAM SEMBAKO

 

20 comments

  1. Cara mendapatkan kartu keluarga sejahtera gimna bu

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Yang berhak menerima Kartu Keluarga Sejahtera adalah Keluarga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan tingkat kesejahteraan terendah. Sedangkan untuk dapat terdaftar dalam DTKS harus mempunyai KTP dan KK, berdasarkan pengisian form DTKS memenuhi kriteria keluarga miskin, disulkan oleh Kelurahan ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya setelah melalui proses musyarawah Kelurahan menentukan keluarga miskin.
      KKS merupakan bantuan pangan non tunai dalam bentuk ATM yang berisi transfer bansos untuk dibelikan sembako senilai Rp. 150.000,00 per bulan, peralihan dari program rastra/beras sejahtera

      • Kalau mau ngurus apa syarat nya bu, olehnya kan kita rumah nyewa, pendapatan sebulan juga gak menentu.

        • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

          Syaratnya
          1.KTP dan KK wilayah Kota Palangka Raya
          2. SKTM dari RT dan Lurah setempat.
          3. Mengisi form DTKS yang disahkan RT dan Lurah. Form DTKS bisa didapatkan di Kelurahan atau Dinas Sosial Kota Palangka Raya.
          4. Diajukan Kelurahan ke Dinas Sosial setelah melalui musyawarah Kelurahan
          5. Proses pengajuan perlu waktu lama karena Ke kementerian Sosial RI
          6. Semua usulan akan dikumpulkan dan di rangking tingkat kesejahteraanya berdasarkan isian form DTKS yang sudah diverifikasi oleh petugas
          7. KKS akan diberikan kepada keluarga dengan tingkat kesejahteraan terendah

  2. Di daerah saya katanya ibu RT yg dpt BST di kantor pos gak boleh lagi dpt KSS , kok bisa begitu yaa… sedang kan ket di atas kan dijelaskan penerima KSS adalah penerima BST kantor pos..

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Pada bagian Catatan mohon dibaca secara lengkap bahwa : Penerima KKS adalah Penerima BST Kemensos RI melalui Kantor Pos dan Bank YANG MASUK DALAM DTKS”
      Dapat kami jelaskan :
      1. Penerima BST Kemensos RI ada yang berasal dari basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS
      2. DTKS adalah kumpulan data keluarga miskin yang terverifikasi
      3. Non DTKS adalah keluarga miskin tambahan yang diusulkan oleh Kelurahan pada bulan Maret-April yang lalu
      4. KKS yang saat ini dibagikan merupakan program perluasan/penambahan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT) yang dulu dikenal sebagai program Rastra/Raskin
      5. Jadi tidak semua penerima BST adalah penerima KKS
      Terima kasih

      • Malam bu kalo ulun sdh meusul kan 2 tahun yg lalu saya cuma menerima dana bst boleh kah ulun meajukan ulang untuk mendapat kan kartu kks soalx itu buat kip harus ada kartu merah putih dulu kata pihak sekolah bu

        • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
          Sebelumnya berdasarkan catatan kami Bapak/Ibu sudah pernah menyampaikan laporan yang sama ke Dinsos pada tanggal 28 Pebruari 2020 yang lalu, saat itu ditindaklanjuti petugas dengan mengecek data Bapak/ibu pada SIKS NG, dan ternyata terdaftar dalam DTKS namun datanya kurang lengkap karena ada penambahan anggota keluarga. Pihak dinsos sudah melengkapi data berdasarkan berkas yang dibawa, dan sudah diusulkan data perbaikan saat portal pengusulan dibuka periode Agustus 2020 ke Kementerian Sosial, tetapi hasil verifikasi dan finalisasi dari Kementerian belum keluar, dibutuhkan waktu karena anggarannya berada di pusat.
          Perlu pula kami sampaikan bahwa KKS merupakan bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga miskin yang masuk dalam DTKS dengan dirangking dari tingkat kesejahteraan terendah berdasarkan isian formulir yang sudah kami terima, bertujuan untuk mengurangi beban pemenuhan kebutuhan dasar.
          Demikian yang dapat kami jelaskan.

  3. Bu untuk daftar PKH& peroleh KIP apa syarat2. .? Kalo udah masuk daftar PBI Bpjs, dan bagaimana cara mdapat kan bantuan sembako/ blt,terimakasih

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami..
      1.Bantuan sosial diperuntukkan bagi keluarga MISKIN YANG TIDAK MAMPU MEMENUHI KEBUTUHAN DASARNYA.
      2.Bantuan sosial yang diterima tidak boleh ganda dalam satu keluarga
      3.Program Keluarga Harapan adalah bantuan bersyarat yang diperuntukkan bagi keluarga MISKIN dengan tingkat kesejahteraan terendah dalam DTKS dimana dalam keluarganya harus memenuhi salah satu komponen ada ibu hamil/menyusui, balita, anak usia sekolah, lansia, penyandang disabilitas, serta WAJIB mengikuti PROGRAM/KETENTUAN yang telah ditetapkan, misal jika ada ibu hamil wajib memeriksakan kehamilannya secara berkala, anak usia sekolah wajib bersekolah, dll.
      4. Keluarga Penerima Manfaat PKH yang memiliki anak usia sekolah akan mendapatkan KIP melalui sekolahnya masing-masing
      5. Sedangkan Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah kumpulan data keluarga miskin berdasarkan usulan dari kelurahan dan telah diverifikasi.
      6. Bantuan sosial tunai/Bantuan Langsung Tunai (BST/BLT) yang saat ini kami salurkan berasal dari bantuan sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah diberikan kepada warga miskin terdampak pandemi YANG BELUM PERNAH MENDAPATKAN BANTUAN SOSIAL. Saat itu pendataannya melalui RT, babinsa/babinkamtimas dan Kelurahan setempat. Bantuan sosial ini diberikan dalam bentuk paket sembako. Jika bapak/ibu termasuk dalam kategori tersebut, SEGERA bapak/ibu dapat menghubungi pihak Kelurahan dengan membawa KK dan KTP.
      Demikian yang dapat kami jelaskan, terima kasih

      • Bu. Apa bisa DTKS jawa di mutasi ke palangkaraya. Terimakasih

        • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
          Terkait mutasi DTKS dapat kami jelaskan bahwa jika keluarga yang pindah tempat agar segera mengurus kepindahannya terkait dengan identitas Kartu keluarga dan KTP. Selanjutnya jika memang kondisi ekonominya masih tergolong tidak mampu agar segera melapor ke RT dan Lurah setempat untuk didaftarkan dalam DTKS melalui Dinas Sosial Kota Palangka Raya.
          Terima kasih

  4. Saya juga pernah mengajukan untuk mendapatkan kartu KKS ke kelurahan kereng bangkirai,tapi sampai sekarang belum dapat juga,pekerjaan suami saya nelayan,anak saya 3,yg sekolah 2 dan yg satunya masih bayi.saya sangat berharap untuk bisa mendapatkan kartu itu,karena setiap saya bayar sekolah pasti ditanya”ibu punya kartu KIP,KKS,PKH”karena pihak sekolah bilang kalau punya kartu2 itu bebas biaya sekolah.

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Mohon kejelasan informasi dari bapak/ibu kapan pengajuan tersebut, foto KTP dan KK agar bisa kami cek, terima kasih

      • Syarat syarat untuk membuat SKTM di dinas sosial apa saja ya?

        • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
          Dinas sosial tidak menerbitkanSKTM. SKTM diterbitkan oleh pihak Kelurahan tempat domisili kepada warganya yang tidak mampu
          terima kasih

  5. Saya baru menerima kks. Apakah kks saya hanya berlaku sampai Desember 2021

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      KKS yang bapak/ibu terima merupakan KKS perluasan untuk terdampak PPKM dan hanya berlaku untuk 6 bulan kedepan sd Desember 2021

Tinggalkan Balasan