KEGIATAN PENDAMPING DAN OPERATOR PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Kementerian Sosial Republik Indonesia beberapa waktu lalu melaksanakan pelatihan aplikasi resertifikasi bagi operator PKH se Indonesia, dan dari Kota Palangka Raya diwakili salah satu dari tiga operator yang ada. Dan kemaren dalam pertemuan rutin  bulanan dengan Dinas Sosial Kota Palangka Raya, hasil pelatihan aplikasi resertifikasi tersebut ditularkan kepada operator dan pendamping PKH yang lain. Pertemuan rutin dimaksud memang diadakan untuk berbagi informasi, konsultasi dan koordinasi, juga jika terdapat kendala pelaksanaan kegiatan di lapangan maupun administrasi. 

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya, yang bertujuan untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin yang diambil dari  Basis Data Terpadu di Kota Palangka Raya saat ini sebanyak 1.598 KK. 

Sebagai ujung tombak dalam pelaksana program di lapangan, pendamping PKH memfasilitasi peserta PKH untuk mengakses layanan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan kesejahteraan sosial, termasuk melaksanakan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) secara rutin untuk tujuan perubahan perilaku yang lebih baik. Pendamping PKH bertugas untuk memastikan peserta PKH memenuhi kewajibannya dalam memanfaatkan layanan kesehatan dan layanan pendidikan sesuai ketentuan dan persyaratan.  

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan