KEMENTRIAN SOSIAL RI AKAN SALURKAN BST GELOMBANG II

Palangka Raya, Selasa (04/08/2020) Kepala Dinas Sosial beserta Petugas di Bidang Penanganan Fakir Miskin mengikuti  rapat koordinasi penyaluran BST Gelombang ke II secara virtual di Kantor Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Penyaluran BST Gelombang ke II ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Pusat dalam membantu masyarakat miskin dan rentan yang terdampak covid -19.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Ditjen PFM Wilayah II mengemukakan tentang kriteria prioritas KPM yang akan mendapat BST yaitu KK termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial, belum terdapaftar sebagai penerima Program sembako (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). BST Gelombang ke II ini berbeda dengan BST Gelombang I karena uang tunai yang diberikan hanya 300 ribu/bulan selama 6 bulan dari bulan Juli hingga Desember untuk 9 Juta Keluarga Penerima  Manfaat di Seluruh Indonesia, pembagian BST dimulai dari Kota Bandung.

Selain itu, Dirjen PFM Wilayah II juga memaparkan beberapa kendala dan keberhasilan dalam penyaluran BST Gelombang I, salah satunya adalah masih ada irisan KPM Bansos tunai dengan Keluarga Penerima Manfaat Program Sembako dan Program Keluarga Harapan. Hal ini juga diakui Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Baitul Jahratulia “ kendala yang disampaikan oleh Dirjen PFM sangat benar sekali, di Kota Palangka Raya juga masih terdapat penerima BST yang terdaftar dalam Penerima Program Sembako dan Program Keluarga Harapan, untuk itu kami akan melakukan evaluasi bersama karena permasalahan ini juga terjadi di wilayah lainnya” ujar beliau.

Tinggalkan Balasan