KUBE BERENG BENGKEL SEJAHTERA PANEN IKAN TAHOMAN

Salah satu Kelompok Usaha  Bersama (Kube) fakir miskin binaan Dinas Sosial Kota Palangka Raya kembali membuktikan kesuksesannya. Kali ini Kube Bereng Bengkel Sejahtera di Kelurahan Bereng Bengkel, Kamis (8/10/2020) panen ikan tahoman.

Berawal dari tahun 2018 yang lalu, Kube ini dibentuk beranggotakan 10 keluarga tidak mampu mendapat bantuan modal usaha dari Kementerian Sosial dengan jenis usaha yang mereka pilih adalah beternak sapi. Tahun 2019 usaha mereka berkembang pesat sapi yang dipelihara bersama-sama dari 2 ekor menjadi 8 ekor.  Atas keberhasilan ini, Dinas Sosial Provinsi memberikan suntikan bantuan modal untuk pengembangan usaha mereka melalui APBD Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di akhir tahun 2019 sebesar 15 juta rupiah, dengan jenis usaha yang berbeda yaitu pembesaran ikan tahoman.

“Melalui pendamping masing-masing kube kita selalu berupaya mendorong dan memotivasi anggota untuk  menumbuhkembangkan rasa percaya diri bahwa merekapun dapat hidup layak dan sejahtera melalui usaha yang digagas dan dijalankan bersama. Kita juga mendorong kube untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan kearifan budaya lokal, karena terbukti dapat berkembang dan berhasil ” jelas Dra. Erni Suciati Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin didampingi Rima Fitriani Kasi Bantuan Stimulan usai memantau panen ikan tahoman. Pembesaran ikan tahoman membutuhkan waktu 8 bulan hingga panen saat ini dengan berat per ekornya antara 8 ons – 1 kg. Perlu diketahui Kube merupakan kelompok yang terdiri dari keluarga miskin melaksanakan usaha secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pendapatan anggotanya sehingga bisa hidup layak. 

Tinggalkan Balasan