KUBE BERPRESTASI BERDAYA SAING TINGGI

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Kriteria dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yaitu mempunyai potensi, kemauan, dan kemampuan untuk mengembangkan usaha bersama; mempunyai jenis usaha dan tinggal di wilayah desa/kelurahan/nama lain dalam kecamatan yang sama; dan mempunyai keterbatasan akses terhadap pasar, modal, dan usaha.

Pada tahun 2018, Dinas Sosial Kota Palangka Raya sebagai pelaksana Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melakukan pendampingan terhadap 50 Kelompok se-Kota Palangka Raya. Bantuan stimulan modal usaha diberikan oleh Kementrian Sosial berbentuk uang tunai yang diberikan langsung kepada masing-masing kelompok lewat rekening yang sudah diberikan ditiap kelompok. 

Semua Kelompok memperoleh kesempatan yang sama untuk pengembangan usaha selama kurun waktu setahun masa pendampingan. Pada tahun 2019  dilakukan monitoring dan evaluasi, diantara 50 kelompok tersebut terdapat 4 kelompok yang berhasil mengembangkan usahanya dan melakukan produksi yang cukup besar. kelompok tersebut terdiri dari Kelompok Baru Makmur II Kecamatan Sebangau, Kelompok Hapakat Atei Kecamatan Bukit Batu, Kelompok Bereng Bengkel Sejahtera Kecamatan Sebangau, dan Kelomp[ok Bereng Bengkel Jaya Kecamatan Sebangau.

Kelompok yang memperoleh prestasi atas pengembangan usahanya akan diberikan rekomendasi kembali untuk mendapat bantuan sosial pengembangan APBN Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2019. “Dengan berhasilnya usaha yang dikembangkan oleh empat kelompok tersebut diharapkan agar bantuan sosial pengembangan APBN Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dapat lebih meningkatkan usaha dan kesejahteraan para anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) berprestasi ” Ucap H. Akhmad Fauliansyah, Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

Tinggalkan Balasan