KUBE BINAAN DINAS SOSIAL KEMBALI PANEN, KALI INI PANEN IKAN PATIN

Anggota KUBE menimbang hasil panen KUBE

Palangka Raya, Senin (24/08/2020) Petugas Bidang Penanganan Fakir Miskin mendampingi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) binaan Dinas Sosial tahun 2019 di Kelurahan Kereng Bangkirai dalam kegiatan panen ikan patin. Sebelumnya, beberapa minggu lalu sudah ada satu Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Flamboyan bawah yang memanen ikan nila. Hal ini merupakan wujud keberhasilan para anggota kelompok dalam mengembangkan usaha ternak ikan tersebut, terlebih lagi keberhasilan ini dapat meningkatkan penghasilan para anggota kelompok yang memang tergolong kurang mampu dan masuk dalam daftar Basis Data Terpadu Kementrian Sosial RI.

Pada tahun 2020 ini, Kota Palangka Raya mendapatkan bantuan 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Kementrian Sosial RI Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah II. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dipilih dari 3 kelurahan yaitu Kelurahan Bereng Bengkel, Pahandut Sebrang dan Pahandut, “tahun ini ada 10 KUBE yang diusulkan ke Kementrian Sosial RI, 5 Kelompok dari Kelurahan Bereng Bengkel, 2 Kelompok dari Kelurahan Pahandut Sebrang dan 3 kelompok dari Kelurahan Pahandut “ ujar Nur lathifah. Selanjutnya pada kamis (27/08/2020) dilaksanakan verifikasi dan validasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) terkait kesiapan kelompok dalam membangun usaha oleh petugas Kementrian Sosial RI yang didampingi petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya di 3 kelurahan tersebut.

Bantuan yang diberikan berbentuk bantuan non tunai yang nantinya akan ditransfer ke rekening kelompok, besaran yang diberikan sebanyak 2 Juta Rupiah per Kepala Keluarga. Uang tersebut nantinya akan diakumulasikan per kelompok dan dijadikan modal dalam membangun usaha yang telah diusulkan masing-masing Kelompok Usaha Bersama (KUBE) “semoga saja kelompok yang diusulkan bisa menyusul kelompok terdahulu yang sudah sukses dalam membangun usahanya” Ujar Benyamin selaku staff yang menangani pengusulan Kelompok tersebut.

Tinggalkan Balasan