KUBE HAPAKAT PANEN IKAN PATIN BERSAMA PEMERINTAH KOTA PALANGKA RAYA

Pemerintah Kota palangka Raya menggelar panen raya ikan patin di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu pada hari Rabu (03/07/2019). Ikan patin ini merupakan hasil budidaya dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Hapakat yang merupakan kelompok binaan dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Panen ikan ini di hadiri oleh Hj. Umi Mastikah selaku Wakil Walikota Palangka Raya bersama dengan Hera Nugraha selaku Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya serta beberapa staf dan jajaran pejabat, termasuk juga Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya yaitu H. Akhmad Fauliansyah.

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Hapakat merupakan himpunan kelompok masyarakat yang kurang mampu. Kelompok usaha ini mendapatkan bantuan modal berwirausaha dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada September 2018 lalu yang bersumber dari dana APBN. Selain bantuan modal, kelompok ini juga mendapat pendampingan bimbingan dan motivasi melalui tim pendamping khusus yang ditugaskan oleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Pendampingan dan motivasi ini dilakukan agar kelompok KUBE yang dijalankan dapat ter monitoring dengan baik serta Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dijalankan bisa lebih optimal.

H.Akhmad Fauliyansyah menjelaskan, terlaksananya panen bersama ini tak lepas dari peran dan bantuan Kementerian Sosial RI dan juga Pemerintah Provinsi Kalteng. “Melalui kelompok binaan dan bantuan pemerintah semoga mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Bukit Batu ini,” tandasnya.

“Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Hapakat termasuk kelompok yang berhasil karena melalui usaha ini sedikit demi sedikit warga bisa keluar dari garis kemiskinan. Totalnya ada bantuan 1500 benih ikan patin di sini sejak September 2018,” kata H. Akhmad Fauliansyah usai peninjauan dan panen ikan bersama. “Ini juga termasuk bukti jika memang betul-betul punya kemauan, kerja keras, dan kerjasama yang baik perekonomian masyarakat bisa berkembang,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, H. Akhmad Fauliansyah mengatakan bahwa pemerintah Kota Palangka Raya saat ini mulai fokus pada pengembangan sektor pertanian non padi, seperti halnya perikanan dan peternakan .

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Wakil Walikota Hj. Umi Mastikah mendukung penuh program pemberdayaan masyarakat seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam mengatasi kemiskinan di Kota Palangka Raya. ” Selain itu, adanya KUBE produksi Ikan merupakan salah satu langkah dalam upaya meminimalisir gejala stunting dengan gemar memakan ikan di kalangan masyakarat “. Ujar Ibu Wakil Walikota Palangka Raya tersebut.

Tinggalkan Balasan