KUBE MAWAR PAHANDUT SEBERANG PANEN PERDANA IKAN KARAMBA

Bantuan dana sosial untuk KUBE UEP di Kota Palangka Raya tidaklah sia-sia. Setelah pada tahun 2017  KUBE UEP  Mawar di Kelurahan Pahandut Seberang menerima bantuan modal oleh Pemerintah sebesar dua puluh juta rupiah untuk usaha karamba ikan jenis bawal,  menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.  Kemaren Kamis tanggal 5 April 2018, Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin melakukan monitoring dan evaluasi terhadap KUBE penerima bantuan modal tahun 2017. Salah satunya KUBE tersebut telah berhasil panen  ikan bawal dengan kisaran panen 1 ton lebih.  Dengan usaha pembesaran ikan  selama kurang lebih  6 bulan, KUBE  mendapatkan keuntungan lima juta rupiah pada panen perdana. Rencananya hasil penjualan akan kembali digulirkan dengan membeli bibit ikan beserta pakannya utk melanjutkan usaha kelompok.

Sebelumnya pada tahun 2017 Kota Palangka Raya telah menyalurkan bantuan sosial modal usaha dari Kementerian Sosial Republik Indonesia bagi KUBE  sebanyak 6 kelompok dengan bantuan sepuluh juta perkelompok  untuk KUBE UEP Jasa dan dua puluh juta bagi KUBE UEP Produksi. KUBE dibentuk secara berkelompok, dimana setiap kelompok  beranggotakan 10 keluarga kurang mampu.  

Bantuan modal usaha KUBE langsung disalurkan ke rekening masing-masing kelompok, dengan rencana dan pelaksanaan usaha ditentukan oleh kelompok. Setiap KUBE disediakan pendamping hasil rekrut Dinas Sosial Kota Palangka Raya diusulkan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia, bertugas memberikan pendampingan administrasi pengelolaan usaha dan pelaporan, mengkoordinasikan permasalahan yang dihadapi KUBE, serta menghubungkan KUBE dengan jejaring/mitra usaha yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin H. Akhmad Kusasi, S.KM, M.Kes berharap bantuan yang diterima setiap kelompok dapat dimanfaatkan  secara terus menerus dan berkembang pesat sehingga keuntungan hasil usaha dapat mensejahterakan anggota kelompok. ” Semoga pada tahun-tahun mendatang kelompok yang telah mendapat bantuan menjadi sejahtera dan mandiri anggota-anggotanya, sehingga tidak lagi menerima bantuan, serta dapat menjadi teladan bagi KUBE lainnya” ungkapnya. Ditambahkannya pula bahwa pada tahun 2018 ini Kota Palangka Raya akan kembali mendapatkan kouta bantuan untuk 50 KUBE bentukan baru yang saat ini sedang dalam tahap verifikasi dan validasi lapangan.

Tinggalkan Balasan