KUBE”MANDIRI’KELURAHAN TUMBANG TAHAI KEMBANGKAN USAHA

Bantuan stimulan modal usaha dari Kementerian Sosial Republik Indonesia Tahun 2018 ternyata betul betul dimanfaatkan oleh KUBE Mandiri yang berlokasi di Kelurahan Tumbang Tahai. Pada awalnya modal usaha yang diberikan digunakan untuk budidaya ikan lele yang dimulai sejak September 2018. Ternyata usaha tersebut menunjukkan perkembangan yang bagus hingga akhirnya mereka telah dua kali panen ikan lele. Modal yang telah kembali mereka kembangkan lagi saat ini untuk beternak ayam ras sebanyak 1300 ekor. Mereka meminjam dan memanfaatkan kandang ayam yang sudah lama kosong milik salah satu warga, sehingga tinggal modal membeli bibit dan pakan. 

“Ini merupakan salah satu contoh KUBE yang berhasil, dan patut diapresiasi  dari banyak KUBE yang berhasil, mereka mewujudkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan modal yang diberikan melalui kegigihan, keuletan dan kerjasama yang sangat bagus antar kelompok. Kami berharap keberhasilan ini dapat merubah nasib mereka menjadi lebih sejahtera dan mandiri, serta menginspirasi warga yang lain, dan semoga  kedepannya dapat menularkan kesejahteraan mereka dengan membentuk KUBE lain anggota  baru secara mandiri” ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya H. Akhmad Fauliansyah, SH saat melakukan monitoring dan evaluasi KUBE didampingi Kasi Bantuan Stimulan. Ditambahkannya pula memang ada beberapa KUBE yang gagal dalam usahanya yang disebabkan oleh faktor SDM.

Bantuan stimulan diberikan kepada kelompok usaha yang dibentuk dan dijalankan bersama yang beranggotakan warga tidak mampu agar mereka lebih percaya diri dalam berusaha dengan tujuan akhirnya mereka dapat keluar dari permasalahan kemiskinan dan menjadi mandiri. Selain modal usaha, setiap KUBE juga didampingi pendamping yang bertugas membantu administrasi dan pembinaan pengelolaan usaha.(dinsos, 22/3/2019)

Tinggalkan Balasan