KUMPULKAN SUMBANGAN, KBM UNPAR BANTU KORBAN KEBAKARAN

Dinas Sosial Kota Palangka Raya Sabtu (22/8/2020) melalui Bidang Pemberdayaan Sosial mendampingi perkumpulan Keluarga Besar Mahasiwa (KBM) Universitas Palangka Raya  menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok hasil aksi pengumpulan uang dan barang kepada Ketua RT 06  komplek Flamboyan Bawah Kelurahan Langkai untuk warga korban kebakaran.

Musibah tersebut yang terjadi akhir minggu bulan Juli  lalu membuat beberapa perkumpulan bersimpati dan peduli,  termasuk perkumpulan KBM Universitas Palangka Raya yang melakukan pengumpungan uang dan barang di beberapa titik jalan di Kota Palangka Raya dan juga melalui media sosial.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Nesiwati mengatakan Dinas Sosial Kota Palangka Raya memberikan apresiasi atas pelaksanaan pengumpulan sumbangan. “Tentunya kita sangat berterima kasih dan mengapresiasi apa yang telah anak-anak muda ini lakukan untuk saudara kita yang mendapat musibah di Kota Palangka Raya, mereka melakukan aksi kepedulian dan kesetiakawanan sesuai dengan arahan kita  dan aturan yang berlaku. Pemberian rekomendasi izin pengumpulan uang dan barang sendiri selesai kami proses dalam  satu hari kerja bila semua berkas sudah dipenuhi”.

Ia  juga mengatakan tanggungjawab kesejahteraan sosial tidak hanya merupakan tugas Pemerintah, tetapi perlu peran dari seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan pengumpulan uang dan barang perlu diatur Pemerintah agar pegiat mempunyai dasar legalitas pelaksanaan, sumbangan yang diperoleh sampai ke sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. Sementara Dinas Sosial mudah dalam melakukan monitoring saat kegiatan dan pengawasan penyaluran bantuan agar tidak terjadi penyalahgunaan dan penyimpangan usaha pengumpulan uang atau barang di masyarakat untuk kepentingan pribadi.

Lebih lanjut ia berharap kegiatan pengumpulan uang dan barang yang pada dasarnya dari dan untuk masyarakat dapat ditiru karena merupakan bentuk dari kepedulian dan kesetiakawanan sesama (dinsos)

Tinggalkan Balasan