KUNJUNGAN DPRD KOTA BANJARMASIN KE DINAS SOSIAL BAHAS PENANGANAN COVID-19

Pemaparan Materi oleh Plt Sekretaris Dinsos

Palangka Raya, Selasa (21/07) Dinas Sosial menerima kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, kunjungan ini bermaksud membahas tentang penanganan covid-19 yang ada di Kota Palangka Raya khususnya peran Dinas Sosial di dalam penanganan tersebut. Dinas Sosial diwakili oleh Plt Sekretaris Kory Permata menyambut langsung kedatangan rombongan yang tiba pukul 09.45 WIB di kantor Dinas Sosial.

Plt Sekretaris memberikan paparan tentang jumlah penerima bantuan sosial baik dari Kementrian Sosial RI maupun dari Pemerintah Provinsi Kalteng dan dilanjut dengan penjelasan singkat oleh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Erni Suciati. Dalam pembahasan ini, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali menyoroti tentang sinkronisasi data antara pemerintah pusat dan daerah ” yang saya mau tanyakan apakah di kota Palangka Raya, data penerima bantuan sudah sinkron dengan data yang dimiliki daerah” ucap dia dalam sesi diskusi.

Erni Suciati menuturkan bahwa secara umum data yang digunakan untuk bantuan sosial tunai dari Kementrian Sosial RI menggunakan sumber data yang sama yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan penerima bantuan berasal dari keluarga yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial seperti sembako, BPNT dan PKH. Sedangkan untuk bantuan tunai Pemerintah Provinsi Kal-Teng menggunakan hasil pendataan RT/RW yang telah di verifikasi oleh Kelurahan.

Selanjutnya Matnor Ali mengapresiasi Pemerintah Kota Palangka Raya yang meringkas birokrasi dengan menyalurkan sembako bagi masyarakat terdampak covid-19 langsung lewat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tanpa harus melalui Dinas Sosial. Data yang digunakan untuk melakukan penyaluran pun adalah data yang langsung diambil dari Kelurahan.

Tinggalkan Balasan