LAGI, KALI INI KUBE BAUNG SEJAHTERA PANEN IKAN BAUNG DAN BAKUT

                          Kelompok KUBE Baung Sejahtera berfoto setelah panen ikan Baung di atas keramba

Palangka Raya – Petugas Bidang Penanganan Fakir Miskin mendampingi kelompok KUBE Baung Sejahtera binaan Dinas Sosial Kota Palangka Raya tahun 2020 dalam kegiatan panen ikan Baung dan Bakut pada kamis (16/12/2021) bertempat di Sekretariat KUBE Baung Sejahtera kelurahan Bereng Bengkel. Selain Bidang Penanganan Fakir Miskin, turut hadir juga Lurah Bereng Bengkel Ahmad Riady dan Aspar Saputra selaku Ketua LKK Bereng Bengkel. KUBE Baung Sejahtera merupakan salah satu dari 10 KUBE yang mendapatkan bantuan social APBN tahun 2020 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk membangkitkan kondisi ekonomi masyarakat miskin dengan sistem pemberdayaan kelompok.

Pada bulan Maret lalu, kelompok ini juga telah memanen ikan Baung dan Patin. kali ini mereka memanen 2 keramba ikan Baung mencapai berat 800 kg dan 1 keramba ikan Bakut mencapai 70 kg. Diversifikasi jenis ikan dilakukan kelompok agar KUBE bisa terus berkembang mengikuti selera pasar “Ikan Bakut dipilih karena jenis ikan ini cukup mahal. Ikan Bakut kami jual Rp 120.000/kg, kalo Baung Rp 40.000 s/d 50.000/kgnya tergantung ukuran” jelas Aspar selaku Koordinator KUBE Bereng Bengkel.

Setelah panen ikan, petugas juga melakukan monitoring dan evaluasi kelompok. Monev ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan, social dan administrasi kelompok. “monev ini bertujuan untuk memantau kelompok agar tetap menerapkan aspek-aspek KUBE seperti aspek social, ekonomi, pendidikan dan pasar. Karena ke empat aspek ini saling terkait, apabila dijalankan dengan maksimal bisa membuat kelompok menjadi lebih maju” jelas Rima selaku Kasi Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan. Pada kesempatan yang sama, Kabid Penanganan Fakir Miskin Lili Sukristinah menuturkan “diversifikasi jenis ikan pada KUBE Baung Sejahtera merupakan terobosan yang bagus untuk perkembangan kelompok”. Pihak Dinas Sosial juga memberikan motivasi kepada kelompok untuk terus mengembangkan usaha, karena bisa mendapatkan bantuan social pengembangan KUBE. (Nur)

Tinggalkan Balasan