LAGI, ODGJ TERLANTAR DITANGANI DINSOS

Seorang pekerja sosial harus selalu siap jika ada tugas. Meskipun hari libur selalu ada saja tugas-tugas lapangan dadakan bagi pekerja sosial di Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Seperti yang terjadi kemaren Sabtu tanggal 11 Agustus 2018, Dinas Sosial mendapat informasi adanya orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) yang meresahkan masyarakat di sekitar jalan Ahmad Yani . Informasi didapat dari pihak Polres Palangka Raya yang juga mendapat laporan dari masyarakat yang menurut mereka mengamuk dan membuat takut warga, sehingga ODGJ diikat oleh warga.

Merespon kasus tersebut, Pekerja sosial segera menemui klien dan mencari informasi tentang keluarga klien, tetapi belum ada warga yang tahu asal muasal klien maupun keberadaan keluarganya. Akhirnya Dinas sosial memfasilitasi jaminan kesehatannya melalui KIS PBI untuk perawatan pengobatannya.  

Bersama dengan pihak Polres Palangka Raya, klien dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei. Saat ini masih terus diupayakan menemukan keluarga klien, karena bagaimanapun juga dalam kasus masalah sosial keluarga lah yang berperan penting untuk proses keberfungsian sosialnya. Dan kepada masyarakat yang sekiranya mengetahui keberadaan keluarga klien bisa menginformasikannya ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

Juga penting untuk diketahui masyarakat jika ditemukan ODGJ yang terlantar, maka yang harus dilakukan adalah segera melaporkan kepada pihak kepolisian maupun Satpol PP. Kemudian hubungi Puskesmas terdekat untuk penanganannya, karena yang lebih tahu masalah medis dan penanganan yang tepat adalah petugas kesehatan. Dinas Sosial Kota Palangka Raya akan berusaha  menghubungkan dengan keluarganya dan memfasilitasi Jaminan kesehatan untuk pengobatannya jika klien berasal dari keluarga tidak mampu ataupun terlantar tidak diketahui keberadaan keluarganya. 

Meski harus respon kasus silih berganti,  selalu semangat Peksos, Tuhan bersamamu

Tinggalkan Balasan