LANSIA TERLANTAR DI TAMPUNG PANTI JOMPO

Setelah beberapa waktu yang lalu klien dirawat inap di rumah sakit dan dinyatakan sembuh, klien sementara beberapa waktu diinapkan di Rumah Singgah di Jalan Poncowati karena tidak mempunyai keluarga yang bisa merawatnya sambil menunggu koordinasi pihak Dinas Sosial Kota Palangka Raya dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah untuk pengasuhan lebih lanjut.  Setelah mendapat kepastian tersedia kamar dari pihak Panti Jompo milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, akhirnya dengan diantar petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya, klien pun sudah dalam pengasuhan panti jompo sejak 26 Pebruari 2019.

Kasus seperti ini seringkali memang ditemui dalam pelaksanaan tugas di Dinas Sosial, beberapa klien yang tidak mempunyai sanak keluarga dan terlantar mau tidak mau menjadi urusan Pemerintah. Dan kendala yang dihadapi adalah belum tersedianya panti ataupun yang sejenisnya yang dimiliki Pemerintah Kota Palangka Raya. Di Palangka Raya sendiri panti jompo yang ada hanya milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan kapasitas yang sangat terbatas.

Inilah pentingnya jejaring sosial dalam penanganan masalah sosial.  Dinas Sosial Kota Palangka Raya dengan segala keterbatasannya baik dari segi sarana maupun SDM memerlukan bantuan dari masyarakat. Partisipasi, saling bahu membahu  antar masyarakat bersama pemerintah sangat dibutuhkan. Semakin banyak jejaring,  orang-orang yang peduli dan berpartisipasi  semakin cepat penanganan diselesaikan.

Tinggalkan Balasan