LAUNCHING BPNT KOTA PALANGKA RAYA

Bertempat di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya tanggal 8 Desember 2018, dilaksanakan launching  Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi Keluarga Penerima Manfaat di Kota Palangka Raya. Kegiatan dihadiri oleh seluruh SOPD dan Lurah Lingkup Kota Palangka Raya, mitra Program BPNT yaitu OJK, Bank Indonesia, BRI dan  BULOG, serta Keluarga Penerima Manfaat.

H. Akhmad Fauliansyah, SH selaku Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya menjelaskan bahwa BPNT  adalah transformasi dari bantuan sosial beras sejahtera yang diganti menjadi kartu keluarga sejahtera (KKS) berfungsi sebagai ATM untuk pengambilan bantuan sosial.Di Kota Palangka Raya  BPNT dimulai pada bulan Oktober 2018, dengan cakupan keluarga penerima manfaat sebanyak 5724 kepala keluarga termasuk penerima program keluarga harapan. BPNT diberikan kepada keluarga miskin dengan tingkat kesejahteraan terendah yang bertujuan mengurangi beban pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein, agar tidak mengalami kendala ketersediaan pangan sehingga mereka dapat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.  Setiap KPM  akan mendapatkan uang sebesar Rp. 110 ribu per bulan melalui  KKS untuk menukar dengan kebutuhan bahan pokok beras dan telur yang digesekkan di edc pada agen-agen BPNT yang tersedia e-warong, Brilink, dan Rumah Pangan Kita (RPK). KPM juga diberikan pendampingan melalui pendamping yang telah ditugaskan yaitu pendamping PKH, TKSK, serta k pekerja sosial masyarakat (PSM).

Sedangkan Walikota Palangka Raya dalam sambutannya mengharapkan KPM  dapat menggunakan beras dan telur untuk pemenuhan nutrisi yang seimbang dalam keluarga, tetap bersemangat dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta mendoakan untuk tahun berikutnya sudah tidak lagi menerima bantuan karena telah berhasil keluar dari kemiskinannya.

 

Tinggalkan Balasan