LOKALISASI BUKIT SUNGKAI JL. TJILIK RIWUT KM 12 PALANGKA RAYA RESMI DITUTUP

Pemerintah Kota Palangka Raya secara resmi menutup praktek lokalisasi Bukit Sungkai Jl. Tjilik Riwut Km 12 Palangka Raya (12/12/2019). Deklarasi  penutupan dilaksanakan di gedung Palampang Tarung Jl. Tjilik Riwut Km. 5, 5 dihadiri seluruh jajaran perangkat daerah lingkup Kota Palangka Raya, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Kepolisian, MUI, tokoh masyarakat, mantan PSK, dan penyedia tempat lokalisasi.

” Ini merupakan support Pemerintah Kota Palangka Raya terhadap Program Nasional Indonesia Bebas Prostitusi yang berakhir pada tahun 2019 ini,  kita memang sudah merencanakan penutupan ini sejak tahun 2018 yang lalu ” ungkap Fairid Naparin saat mendeklarasikan Gerakan Palangka Raya Bebas Prostitusi dalam acara deklarasi penutupan tersebut. ” Deklarasi hari ini merupakan puncak dari semua proses koordinasi serta pendekatan dengan warga di tempat lokalisasi sejak 2018 agar mereka siap beralih ke pekerjaan lain. Masyarakat juga wajib turut mendukung kegiatan ini dengan komitmen menghentikan semua usaha prostitusi ” lanjutnya.

Sementara itu H. Akhmad Fauliansyah SH Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya mengatakan bahwa pendataan awal pada tahun 2018 jumlah PSK dan Penyedia tempat sebanyak 137 orang, namun seiring dengan pendekatan yang dilakukan sebagian dari mereka dengan kesadaran sendiri sebagian sudah beralih pekerjaan, pulang ke daerah asal masing-masing, sehingga tersisa 84 orang.

” 84 orang ini sudah membuat pernyataan untuk tidak melakukan kegiatan prostitusi lagi, dan pulang ke daerah masing-masing atas kesadaran sendiri” ujarnya.” Sebelumnya kita juga telah membekali mantan pegiat usaha ini dengan keterampilan usaha sesuai minat masing-masing dan bantuan modal usaha  agar mereka siap kembali ke masyarakat dan  juga secara intens telah memberikan bimbingan psikososial sebagai upaya rehabilitasi sosial. Selanjutnya tim akan melakukan pengawasan pasca ditutupnya lokalisasi ini untuk memastikan kegiatan ini benar-benar tutup” imbuhnya menutup pertemuan.

Tinggalkan Balasan