MENTERI SOSIAL KUNJUNGI PALANGKARAYA, MINTA PERCEPATAN PENYALURAN KARTU BPNT

Kunjungan Menteri Sosial RI Dr. Ir. Tri Trismaharini, MT beserta jajarannya di Hotel Aurila 

Palangka Raya – Menteri Sosial RI Dr. Ir. Tri Rismaharini, MT melakukan kunjungan kerja ke Kota Palangka Raya dengan agenda pemadanan data penerima bantuan sosial BPNT/Program Sembako, PKH di wilayah Kalimantan Tengah yang bertempat di Hotel Aurila, Palangka Raya pada Kamis (16/09).

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Sosial RI beserta jajarannya, Gubernur Kalimantan Tengah, Wakapolda Kalimantan Tengah, Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Tengah, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Himbara Penyalur dan PT. Pos Indonesia, Koordinator Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan Pendamping PKH, Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

Menteri Sosial menyampaikan bahwa angka tidak disteribusi KKS dan belum transaksi program sembako di Kalimantan Tengah cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh kondisi geografis dan jarak antar lokasi penyaluran yang cukup jauh sehingga membutuhkan transportasi air dan waktu yang lumayan lama. Pada kesempatan ini, Menteri Sosial menghimbau kepada mitra penyalur untuk mempercepat menyalurkan bantuan BPNT/Program Sembako secara Bersama, agar biaya operasional dapat lebih efisien.

Menteri Sosial berharap proses penyaluran dapat diselesaikan sebelum akhir bulan September, mengingat beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah termasuk Palangka Raya baru saja terkena banjir. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa meringankan beban masyarakat tedampak banjir khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Bantuan yang belum tersalur dimohon untuk segera di salurkan, agar beban mereka lebih ringan. Maksimal bulan ini bisa tersalurkan semua ke KPM” kata Risma.

Bagi KPM yang sudah graduasi, Mensos memberikan wewenang kepada kepala daerah setempat untuk mengganti KPM dengan bersurat ke Kementerian Sosial agar bantuan berpindah kepada masyarakat lainnya yang kurang mampu dan menjadi tepat sasaran.

Pada kesempatan itu, Menteri Sosial juga menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) secara simbolis kepada 2 orang KPM berinisial S dan R yang merupakan lansia dan disabilitas dari Kelurahan Panarung. Penyerahan Kartu KKS ini disaksikan oleh Lurah Panarung, Bank BRI selaku himbara, Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Selain itu, Menteri Sosial juga menyerahkan bantuan pengembangan usaha secara simbolis kepada KPM PKH Graduasi. (Nur)

Tinggalkan Balasan