NGEMIS DUA HARI DAPAT HAMPIR SATU JUTA

Seorang pengemis Rabu (30/9/2020) diantar ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya oleh Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya untuk mendapatkan pembinaan.  Menurut petugas Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya pengemis ini diamankan karena ditemukan petugas lagi mengemis  diperempatan lampu merah yang sangat mengganggu pengguna jalan.

Ketika dilakukan asesment awal oleh pekerja sosial diketahui yang bersangkutan berasal dari luar Kota Palangka Raya, menyewa  sebuah barak di sekitar jalan Sulawesi dengan tujuan mengemis dan setiap bulan pulang ke kampung halamannya. Dari pemeriksaan juga ditemukan uang  sekitar Rp. 970.000,00 yang diakuinya merupakan hasil mengemis selama dua hari. 

“Sebetulnya Dinas Sosial Kota Palangka Raya rutin melakukan pemantauan dan pengendalian di beberapa titik yang biasa dijadikan tempat mengamen dan mengemis, ketika petugas kami menemukan mereka, langsung diperingatkan dan diminta untuk tidak lagi melakukannya. Termasuk yang saat ini diamankan, yang bersangkutan sudah tiga kali kami peringatkan dan dilarang hingga akhirnya diamankan oleh petugas Dinas Perhubungan” ungkap Plt Sekretaris Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang juga Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial saat ditemui Kamis (1/10/2020). “Ini juga menjadi problem karena kami juga sudah seringkali menghimbau masyarakat untuk tidak memberikan uang kepada mereka” tandasnya. Lebih lanjut disampaikannya yang bersangkutan sementara ini ditempatkan di rumah singgah jalan Poncowati untuk mendapatkan pembinaan dan bimbingan psikososial hingga Senin depan.

Tinggalkan Balasan