ORANGTUA TUNA GRAHITA DIBERIKAN BIMBINGAN MOTIVASI

Dalam rangka pelayanan penyandang disabilitas, Dinas Sosial Kota Palangka Raya menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Motivasi bagi  Orang Tua Anak Tuna Grahita bagi 10 keluarga penerima manfaat.  Anak  tunagrahita adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata anak seusianya, disertai dengan ketidakmampuan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan,  memiliki ketergantungan yang tinggi pada orang lain, lambat  dalam perkembangan bicara  dan bahasanya.  Sementara Orangtua memiliki peran paling besar dalam membentuk kemandirian dan kepercayaan diri anak dalam kondisi apapun. Demikian pula dengan  orangtua yang dianugrahi anak tuna grahita.  Orang tua dan saudara harus mampu menerima kondisi keterbatasan anak untuk menerapkan pengasuhan yang tepat sesuai kebutuhan mereka sehingga bisa hidup mandiri tanpa perlu bergantung.  

Orang tua menjadi faktor terpenting dalam pendidikan anak tuna grahita, hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, H. akhmad Fauliansyah, SH dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan tadi pagi yang dilaksanakan di Lokabina Karya Jalan Poncowati (21/3/2019).” Dianugrahi anak tuna grahita,  bukan berarti orangtua harus patah semangat dan merasa minder. Tuhan memberikan tugas ekstra tentunya juga dengan imbalan pahala yang sangat besar. Karena itu penting bagi orangtua untuk tahu  bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak ber kebutuhan khusus  yang benar sehingga anak memiliki rasa percaya diri yang pada akhirnya menjadikan mereka mandiri, orangtua harus mampu memberi dukungan agar anak merasa berharga dan merasa menjadi bagian yang sangat berarti dalam keluarga” katanya di hadapan orang tua dan anak tuna grahita yang hadir. 

Hadir sebagai motivator dari Kantor Kemenag Kota Palangka Raya dan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya . Materi  yang disampaikan diharapkan dapat menjadi motivasi dan penyemangat orangtua dalam mendidik anaknya, serta menambah pengetahuan orangtua tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Acara juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis  oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Tengah, dan pemberian bingkisan sosial dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya.  Semoga mereka orangtua anak tuna grahita mampu membimbing anak-anaknya menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan negara.

Tinggalkan Balasan