OUTBOND BERSAMA PENYANDANG DISABILITAS RUNGU WICARA

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Penyandang Disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Indonesia juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti warga negara lainnya. Oleh karena itu keberadaan mereka dalam kehidupan sosial  kita haruslah diperlakukan sesuai dengan hak-haknya. Terkait hal tersebut, Dinas Sosial Kota Palangka Raya selaku instansi yang melakukan pembinaan terhadap penyandang disabilitas berasal dari keluarga yang tidak mampu selama 2 hari  pada 10-11 April 2018  bertempat di Loka Bina Karya Sosial Jalan Poncowati  dan outbond di Pesona Alam Lestari (PAL) Kelurahan Kereng Bangkirai Kec. Sabangau.

Hari pertama kegiatan  diisi dengan bimbingan motivasi dengan materi Pergaulan Bebas oleh narasumber guru SLBN1 dan Kesehatan Fisik Mental oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi untuk berperilaku sehat dalam pergaulan, baik dengan sesama disabilitas maupun masyarakat pada umumnya dan dalam penggunaan alat komunikasi seperti hp agar lebih bijak, sehingga dalam penggunaanya tdk disalahgunakan, serta pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dari perilaku hidup yang tidak sehat.

Hari kedua kegiatan outbond bertujuan melatih PDRW utk bekerjasama dan berkomunikasi secara cepat dan tepat serta kegiatan kegiatan yang merangsang motorik dan cognitif mereka yang dimotivasi dengan hadiah hadiah sebagai hasil dari proses kerjasama. Selain itu juga untuk mendorong mereka agar lebih percaya diri dalam bersosialisasi dengan masyarakat, sehingga termotivasi untuk lebih mandiri.

Di akhir kegiatan sebagai bentuk perhatian dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya, peserta mendapatkan bingkisan  berupa sembako.

Tinggalkan Balasan