PASUKAN PEMADAM API DADAKAN

Pada hari Jum’at (16/08/2019),  sekitar jam 11.50 WIB, terjadi kebakaran lahan di G.OBOS XI tepatnya di wilayah komplek perkantoran lingkar dalam. Kobaran api sangat cepat menyebar dan  hampir mengenai gedung kantor Dinas Perhubungan. Petugas Pemadam Api kewalahan untuk menaklukan kobaran api sehingga Dinas Sosial Kota Palangka Raya mengerahkan staffnya untuk ikut melakukan pemadaman agar api agar tidak menjalar ke sisi gedung sebelahnya.

Para staff turut membantu petugas pemadam api dengan keadaan terbatas dan peralatan seadanya, walaupun begitu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengirimkan air secara estafet ke daerah belakang gedung kantor Dinas Perhubungan tersebut. Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya H. Akhmad Fauliansyah sudah melakukan antisipasi dengan menyediakan tampungan air di bawah gedung kantor sehingga air cadangan dapat disedot dengan cepat dan beliau juga menginstruksikan untuk membeli selang cadangan yang sangat bermanfaat saat situasi dan kondisi mendesak seperti yang terjadi saat ini.

Api dapat ditaklukan pada sore hari sekitar jam 15.00 WIB, kejadian ini mendapatkan respon dari Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya  Ibu Hera Nugrahayu untuk meninjau langsung lokasi terjadinya kebakaran. Tim pasukan pemadam api dadakan Dinas Sosial Kota Palangka Raya pun mendapatkan apresiasi oleh beliau karena  kesigapan menyikapi kebakaran yang terjadi.

Dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Dinas Sosial Kota Palangka Raya telah berpartisipasi dengan mendirikan rumah oksigen dan penyiraman air disekitaran gedung kantor Dinas Sosial Kota Palangka Raya untuk pendinginan lahan.

 

Tinggalkan Balasan