PDM ODGJ DIRUJUK KE RSJ KALAWA ATEI

Dinas Sosial Kota Palangka Raya kembali melakukan pendampingan sosial dan merekomendasikan penyandang disabilitas mental atau  Orang dengan Gangguan Kejiwaan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei. Hal tersebut berdasarkan hasil laporan masyarakat tentang adanya PDM/ODGJ di Kelurahan Menteng yang suka membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain, namun pihak keluarga tidak mampu mengobatinya sehingga sempat dirantai.

Oleh karena itu sejak 4 hari lalu Dinas Sosial Kota Palangka Raya melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak  Kepolisian, tokoh masyarakat, puskesmas Menteng dan RSJ Kalawa Atei agar mendapat perawatan sebagaimana mestinya. Dan kemaren 22 Maret klien tersebut berhasil dibawa ke RSJ Kalawa Atei untuk dilakukan pengobatan rawat inap.

Peranan Dinas Sosial tidak akan berarti  jika tidak didukung dengan jejaring sosial yang kuat dan mempunyai komitmen yang sama dalam menanggulangi permasalahan sosial .
PDM atau ODGJ berhak mendapatkan layanan sosial dan kesehatan berdasarkan Undang-undang no 18 tahun 2016 tentang kesehatan jiwa, Undang-undang no 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Undang-undang No 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial.

Seberat apapun masalah jika ditanggulangi bersama-sama akan terasa ringan…. semoga koordinasi tetap terjalin dengan baik. 

Terima kasih atas kepedulian kita semua

Tinggalkan Balasan