PEDULI KORBAN KEBAKARAN PUNTUN, DINSOS BANJIR PERMOHONAN REKOMENDASI PUB

Musibah kebakaran dengan korban terdampak  yang cukup banyak di wilayah Puntun,  Kelurahan Pahandut beberapa hari yang lalu menimbulkan banyak simpati dari berbagai kalangan di Kota Palangka Raya.  Bidang Pemberdayaan Sosial di Dinas Sosial Kota Palangka Raya pun dalam 2 hari terakhir  mulai banyak didatangi oleh lembaga maupun perkumpulan yang ingin melakukan pengumpulan uang dan barang untuk disalurkan kepada para korban. Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dra Erni Suciati kegiatan pengumpulan uang dan barang (PUB)  untuk kesejahteraan sosial dibolehkan dan ketentuan pelaksanaannya telah diatur pada  Undang undang No. 9 tahun 1961 dan PP No. 29 Tahun 1980 bahwa setiap pelaksanaan pengumpulan sumbangan dilaksanakan berdasarkan izin dari pejabat yang berwenang (pasal 2).

“Kita memahami keinginan mereka untuk meringankan beban korban, ini bentuk kesetiakawanan sosial yang harus diapresiasi. Tetapi semua ada aturannya, sebelum melaksanakan penggalangan dana di tempat umum harus mengantongi rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya untuk selanjutnya diterbitkan izin oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu Kota Palangka Raya. Kita akan layani secepatnya, dan tanpa biaya” jelasnya. 

“Jangan dianggap sebagai hal yang mempersulit,  ini semata-mata agar penggalangan dana berjalan secara terperinci dan akuntabel, kitapun mudah melakukan pengawasan dan evaluasi sehingga masyarakat tidak khawatir uangnya diselewengkan” tambahnya pula.

Hingga saat ini sudah ada 6 lembaga ataupun perkumpulan yang mengurus rekomendasi ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya, antara lain Nurul Fikri dan GMNI. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah dihari berikutnya. Terpantau di beberapa titik perempatan kawasan Kota Palangka Raya, para  pengalang dana rela berpanas-panasan dan kehujanan untuk mengumpulkan bantuan dari masyarakat. Namun bagi masyarakat yang ingin menyampaikan bantuan secara pribadi bisa langsung diserahkan kepada para korban. 

Berbagi itu bermanfaat … bermanfaat itu menyenangkan. (dinsos, 3/4/2019)

Tinggalkan Balasan