PEKERJA SOSIAL LAKSANAKAN PEKSOS GOES TO SCHOOL

Sungguh mengejutkan, dari data dan pendampingan yang telah dilakukan selama ini di Kota Palangka Raya, kasus tindak kekerasan terhadap anak,  kenakalan anak  yang akhirnya berhadapan dengan hukum cukup banyak. Maka dalam upaya pencegahan dini terjadinya tindak kekerasan terhadap anak dan kenakalan anak yang harus berhadapan dengan hukum, Dinas Sosial melakukan terobosan dengan mengirim pekerja sosial ke sekolah-sekolah  untuk memberikan informasi dan edukasi  melalui program Peksos goes to school.

Bertempat di SMPN 11 dan 14 Palangka Raya, kegiatan Peksos goes to school dilaksanakan menyasar anak anak dan pengurus osis  untuk diberikan informasi  mengenai pengertian , bentuk, dampak, serta cara menghindari tindak kekerasan. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa perlu dilindungi untuk tumbuh dan berkembang secara aman. Kekerasan terhadap anak tidak hanya berupa kekerasan fisik, tetapi juga seksual dan psikologis. Tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan peserta sosialisasi nantinya mengetahui dan dapat melakukan intervensi pertolongan terhadap anak korban kekerasan tersebut  serta segera berkoordinasi agar dapat diberikan rujukan ke layanan layanan terkait seperti, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga di Dinas Sosial, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Layanan Kesehatan, Kepolisian dan sebagainya.
Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap anak untuk dapat membentuk serta menggali jati dirinya dalam berprilaku sesuai moral dan etika yang berlaku.
Bagi sekolah-sekolah yang peduli dan  ingin kegiatan Peksos goes to school  diadakan disekolahnya, dapat menghubungi Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Pihak sekolah dapat mengkoordinir pesertanya dan menyediakan tempat pelaksanaanya, dan Dinas Sosial akan menugaskan Pekerja Sosial, gratis tidak dipungut biaya .
 

Tinggalkan Balasan