PEKSOS DAMPINGI ABH DALAM SIDANG

Anak merupakan aset yang berharga,  memiliki peranan strategis sebagai sumber daya manusia penerus perjuangan bangsa. Anak sangat rentan terhadap masalah sosial, keluarga memiliki peran penting membentuk karakter dan jiwa anak, selanjutnya pemerintah berkewajiban memberikan perlakuan dan perlindungan yang khusus agar pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial terjamin secara utuh, serasi, selaras, dan seimbang.

Tidak terkecuali saat anak berhadapan dengan hukum, maka perlindungan yang diberikan Pemerintah adalah dengan penerapan sistem peradilan khusus anak.

Saat anak berhadapan dengan hukum, Dinas Sosial melalui Pekerja Sosial hadir untuk memberikan pendampingan sosial memastikan hak anak tetap terpenuhi.

Dari sekian banyak kasus, hari ini Peksos kembali memberikan pendampingan anak berhadapan dengan hukum pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Palangka Raya. Agenda sidang adalah membacakan dakwaan dan tuntutan jaksa terhadap anak dengan kasus curanmor.  Anak dituntut 9 bulan penjara dengan penempatan di lembaga pemasyarakatan khusus anak. Sidang akan dilanjutkan tanggal 4 April 2018 mendatang untuk mendengarkan putusan hakim.

Ada 2 anak dalam kasus ini,  berasal dari keluarga yang tidak mampu dan keluarga bermasalah sosial, anak putus sekolah dengan pendidikan hanya tamat sekolah dasar. Menurut pengakuan mereka disuruh oleh seseorang dan akan diberikan imbalan berupa uang.  Sebelum gelar perkara, anak anak tersebut telah diperiksa kondisi kejiwaannya oleh psikolog anak,  dan hasilnya salah satu anak mengalami keterbelakangan mental.

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika anak Anda terlibat dalam suatu tindak pidana adalah anda berkewajiban untuk terus mendampinginya dalam setiap tahap proses penyelesaian perkara

 

Tinggalkan Balasan