PEMBINAAN KARANG TARUNA

Pembinaan Organisasi Sosial diarahkan pada peningkatan peranan  organisasi sosial sebagai mitra Pemerintah dalam pelaksanaan usaha kesejahteraan sosial, antara lain peningkatan kemampuan manajemen dan profesional pelayanan.

Program Pembinaan Pemuda, dengan kegiatan Pembinaan Generasi Muda melalui Karang Taruna. Bertujuan untuk meningkatkan optimalisasil kualitas kelembagaan karang taruna sebagai organisasi kepemudaan ditingkat desa/kelurahan, sehingga dapat berperan aktif dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial. Sasarannya adalah karang taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan di bidang kesejahteraan sosial ditingkat desa/kelurahan.

Karang Taruna yang tumbuh dari oleh dan untuk generasi muda memiliki peran yang sangat penting, yakni sebagai wadah pembinaan generasi muda. Karang Taruna sebagai pilar partisipasi masyarakat merupakan mitra kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya yang nantinya diharapkan tidak hanya sekedar sebagai wadah pembinaan gerasi muda, tetapi sebagai pelaku pelaksana pembangunan Usaha Kesejahteraan Sosial yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitarnya.Upaya peningkatan peran serta karang taruna dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial, sebagaimana pepatah latin mengatakan homo homini lupus homo homini sosial. Dari realita yang terdapat dilapangan bahwa karang taruna tersebut saat ini seperti kerakap tumbuh dibatu mati segan hidup tak mau. Peran dan fungsi telah mulai memudar dikehidupan sosial masyarakat. Oleh karena itu sebagai mitra pemerintah dalam hal ini karang Taruna maka perlu dilaksanakan semacam bimbingan dan pembinaan bagi karang Taruna di Kota Palangka Raya ini. by Yus Anwar

Tinggalkan Balasan