PEMPROV KALTENG CAIRKAN BANTUAN SOSIAL TUNAI SPESIFIK

Penerima bantuan memegang bantuan yang diberikan oleh petugas

Palangka Raya, Dampak Covid-19 masih kita rasakan di semua aspek kehidupan terlebih lagi pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang menurun, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk membantu warganya dalam peningkatan ekonomi. Berbagai macam bantuan telah digelontorkan demi mengurangi kesulitan warga, hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Sejak beberapa bulan yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai yang disalurkan dengan beberapa tahap untuk masyarakat tidak mampu yang terdampak covid-19. Pada bulan oktober ini, Pemerintah Provinsi kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai namun kali ini ada yang berbeda karena sasarannya adalah anak, lanjut usia dan penyandang disabilitas binaan Dinas Sosial yang belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnya. Bantuan ini di namakan dengan bantuan spesifik karena mempunyai kriteria sasaran yang lebih spesifik, penyalurannya pun dengan sistem jemput bola yaitu petugas yang mendatangi penerima bantuan langsung door to door bagi penerima bantuan yang memang mempunyai keterbatasan baik fisik maupun materi untuk melakukan pengambilan bantuan tersebut.

Senin (05/10/2020), Petugas Dinas Sosial bersama Pendamping Disabilitas, Petugas Bank Kalteng didampingi Petugas Kelurahan, Ketua RT dan RW serta Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai Spesifik ini kepada 6 orang lanjut usia dan 8 orang Disabilitas di tiga titik Kelurahan yaitu Kelurahan Kalampangan, Bereng Bengkel dan Tanjung Pinang, bantuan yang diserahkan adalah uang tunai sebesar Rp 500.000 rupiah setiap bulannya selama 3 bulan. Selanjutnya bantuan akan dibagikan bertahap sesuai jadwal yang telah disepakati bersama yaitu sampai hari Kamis (15/10/2020) dengan wilayah penyaluran terakhir di Kelurahan Palangka sedangkan untuk jumlah keseluruhan penerima Bantuan Langsung Tunai spesifik ini yaitu 126 orang anak, 77 orang lanjut usia, dan 288 disabilitas.

6 comments

  1. Keluarga saya tidak pernah dapat bantuan

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Bantuan Sosial Tunai Spesifik ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, lanjut usia terlantar, anak terlantar, anak berhadapan hukum, dan anak yang memerlukan perlindungan khusus. Penerima manfaat tersebut merupakan klien dan dalam pendampingan/layanan rehabilitasi sosial Dinas Sosial
      Terima kasih

      • Ibu saya dgn BPK juga blm dapat bantuan .mohon diperhatikan mereka udah lansia

        • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

          Terima kasih sudah berkunjung di website kami
          Lansia yang berhak mendapatkan bantuan sosial adalah lansia yang berasal keluarga tidak mampu atau terlantar (bermasalah secara sosial maupun ekonomi)

Tinggalkan Balasan