PEMULANGAN KLIEN TERLANTAR

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari sebuah perkembangan penduduk adalah semakin banyaknya masalah sosial yang muncul dengan jenis yang beragam pula. Kota Palangka Raya pun tidak luput dari konsekuensi tersebut, seperti yang terjadi dalam beberapa minggu belakangan ini,  Dinas Sosial Kota Palangka Raya silih berganti menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Setelah kurang lebih dua minggu disibukkan  menangani warga yang diduga terpapar paham radikalisme,  Senin (1/7/2019)  Petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya memulangkan klien terlantar yang berada di rumah singgah sejak seminggu lalu ke Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

” Alhamdulillah, Dinas Sosial Kota Banjarmasin bersedia menerima klien untuk dipulangkan ke Banjarmasin dan mengurusnya, kita tentunya sangat berterima kasih atas kesediaan mereka untuk mengupayakan pencarian keluarganya lebih lanjut” ungkap H. Akhmad Fauliansyah Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya. ” Prosedurnya memang seperti itu, jika keluarga klien belum ditemukan tetapi ada identitas, maka kita harus memulangkan klien ke daerah asal sesuai identitas melalui Dinas Sosial setempat, dan selanjutnya akan menjadi tugas mereka” tambahnya disela-sela persiapan pemulangan.

Klien ini  ditemukan warga dalam keadaan sakit di sekitar pelabuhan Rambang Kelurahan Pahandut yang kemudian dilaporkan ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya pada pertengahan bulan Juni lalu. Klien pun difasilitasi menjalani rawat inap, hingga kondisi dinyatakan membaik dan diperbolehkan pulang. Tetapi walaupun sudah dinyatakan sembuh klien  tidak bisa berbicara, seluruh aktivitasnya hanya bisa berbaring, identitas yang ditemukan pada diri klien berupa KTP lama dengan alamat Banjarmasin. Tidak ada seorangpun di sekitar tempat beliau ditemukan yang mengenalinya. Selama berada di rumah singgah,  secara bergantian pekerja sosial maupun relawan melayani seluruh aktivitas harian dan merawat klien.

Tetap ikhlas dan semangat… bermanfaat lah selalu….

Tinggalkan Balasan